facebook

Sertifikat Tidak Muncul di Dashboard Prakerja, Bagaimana Solusinya?

Rifan Aditya
Sertifikat Tidak Muncul di Dashboard Prakerja, Bagaimana Solusinya?
Sertifikat Tidak Muncul di Dashboard Prakerja, Bagaimana Solusinya? - Ilustrasi Kartu Prakerja. [Antaranews.com]

Bagi, anda yang telah berhasil daftar kartu prakerja mungkin menemukan masalah sertifikat tidak muncul di dashboard Prakerja setelah pelatihan. Apa solusinya?

Suara.com - Kekinian, Kartu Prakerja telah memasuki gelombang 17 dan sebentar lagi Kartu Prakerja gelombang 18 akan dibuka. Bagi, anda yang telah berhasil daftar kartu prakerja mungkin menemukan masalah sertifikat tidak muncul di dashboard Prakerja setelah pelatihan. Apa solusinya?

Kendala sertifikat tidak muncul di dashboard Prakerja padahal telah menyelesaikan pelatihan ini terjadi pada beberapa orang. Untuk itu simak solusi sertifikat tidak muncul di dashboard Prakerja berikut ini.

Solusi Sertifikat Tidak Muncul di Dashboard Prakerja

Bagi peserta Prakerja yang sudah berhasil mengikuti pelatihan, ternyata ada satu kendala yang sering terjadi. Salah satunya adalah sertifikat tidak muncul di dashboard. Hal ini tentu saja membuat para peserta Prakerja menjadi panik dan berusaha untuk menemukan solusinya. 

Baca Juga: Lengkap! Daftar 7 Bansos COVID-19 Cair di Bulan Agustus 2021, Sejahtera Mendadak!

Mengutip laman Kementerian Tenaga Kerja, untuk permasalahan sertifikat di dashboard Prakerja, Anda dapat melakukan hal berikut:

  • Pastikan nama akun kemnaker Anda sudah sesuai dengan akun prakerja Anda.
  • Pastikan Anda sudah dinilai oleh lembaga pelatihan Anda di Sisnaker. Untuk mengetahuinya silakan hubungi Lembaga pelatihan terkait, profil Lembaga dapat dilihat di laman ini kelembagaan.kemnaker.go.id.
  • Jika sudah, Anda dapat mengunduh sertifikatnya.

Mulai tanggal 18 Maret 2021, pengisian ulasan dan rating pelatihan dilakukan langsung pada dashboard peserta pada prakerja.go.id. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi laman prakerja.go.id.

INFOGRAFIS: Status Kartu Prakerja Sedang Diproses, Apa Artinya?
INFOGRAFIS: Status Kartu Prakerja Sedang Diproses, Apa Artinya?

Info Terbaru Kartu Prakerja Gelombang 18

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan bahwa Program Kartu Prakerja akan dilanjutkan pada semester II tahun 2021 ini. Untuk program ini, pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp 10 triliun untuk 2,8 juta peserta baru.

Program tersebut digulirkan kembali sebagai bagian dari antisipasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang sudah berlaku sejak tanggal 3 Juli 2021 lalu.

Baca Juga: 7 Bansos Covid-19 Cair Agustus 2021: BSU, Kartu Prakerja, hingga Kuota Internet

Program Prakerja tersebut sudah berjalan hingga 17 gelombang. Selanjutnya, Program Kartu Prakerja Gelombang 18 akan segera bergulir. Namun jadwal pendaftarannya masih menunggu pengumuman resmi dari pemerintah.

Komentar