alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Imam Masjid Dianiaya Orang Tak Dikenal saat Imami Salat Jumat, Benarkah?

Dany Garjito | Aprilo Ade Wismoyo
CEK FAKTA: Imam Masjid Dianiaya Orang Tak Dikenal saat Imami Salat Jumat, Benarkah?
Cek Fakta imam masjid dibacok orang tak dikenal saat imami salat Jumat (turnbackhoax.id)

Beredar narasi yang menyebut ada imam masjid dianiaya orang tak dikenal saat mengimami salat Jumat. Benarkah demikian? Simak fakta berikut ini.

Suara.com - Beredar di media sosial sebuah narasi yang menyebut ada seorang imam masjid yang dianiaya orang tak dikenal saat sedang menimami salat Jumat.

Narasi tersebut dimuat di situs daftartokoroti[dot]blogspot[dot]com pada 10 Juli 2021. Dalam situs tersebut terdapat sebuah artikel dengan judul:

"Innalillahi Terjadi Lagi, Saat Tengah Mengimami Sholat Jum’at, Imam Masjid Dibacok Orang Tak DIkenal, Meninggal di Saat di Larikan Ke Rumah Sakit,"

Diperlihatkan pula foto seorang pria yang tak sadarkan diri dengan badan penuh luka sedang dirawat di rumah sakit.

Baca Juga: Warga Dapat Bantuan Rp 600.000 dengan E-KTP, Cek Faktanya

Lantas benarkah narasi tersebut?

Cek Fakta imam masjid dibacok orang tak dikenal saat imami salat Jumat (turnbackhoax.id)
Cek Fakta imam masjid dibacok orang tak dikenal saat imami salat Jumat (turnbackhoax.id)

PENJELASAN:

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Jumat (6/8/2021) narasi yang menyebut ada seorang imam masjid yang dibacok orang tak dikenal saat sedang menimami salat Jumat tidaklah benar.

Faktanya, kejadian di artikel itu adalah kejadian tahun 2020. Kejadian yang sesungguhnya bukan terjadi saat salat Jumat, tetapi saat salat Magrib. Pria tersebut bukan dibacok oleh orang tak dikenal, tetapi oleh salah satu pengurus masjid.

Faktanya, pria tersebut bukan meninggal saat dilarikan ke rumah sakit, melainkan setelah dirawat selama tiga hari di Rumah Sakit Umum Pusat Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang. Tersangka mengakui menaruh dendam kepada korban karena melarangnya mengurus kotak amal masjid.

Baca Juga: Ridho Slank Sering Menangis, Kenang Ibunda Meninggal Dunia

Dilansir dari Detikcom, pelaku yang merupakan bendahara dan ketua perlengkapan masjid gelap mata karena tersinggung alias sakit hati.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar