alexametrics

Buatan Sendiri, Korsel Gagal Tempatkan Satelit Dummy dengan Roket Nuri ke Orbit

Agung Sandy Lesmana
Buatan Sendiri, Korsel Gagal Tempatkan Satelit Dummy dengan Roket Nuri ke Orbit
Roket luar angkasa Korea Selatan, Nuri. (Twitter.@Kor_Spaceflight)

"Sayangnya, kami tidak mencapai tujuan dengan sempurna, tetapi kami membuat pencapaian yang sangat membanggakan pada peluncuran perdana."

Suara.com - Korea Selatan gagal menempatkan satelit dummy ke orbit dengan roket luar angkasa buatan negeri pertamanya pada Kamis (21/10/2021).

Hal tersebut dinilai sebagai kemunduran bagi proyek selama satu dekade negara itu untuk bergabung dengan klub elit antariksa global.

Kantor Berita Korea Selatan Yonhap melaporkan roket KSLV-II atau yang juga dikenal sebagai Nuri telah terbang ke ketinggian target 700 kilometer tetapi gagal menempatkan satelit dummy seberat 1,5 ton itu ke orbit.

"Uji coba peluncuran Nuri-ho telah selesai. Saya bangga akan hal itu," kata Presiden Moon Jae-in dalam konferensi pers di Pusat Antariksa Naro di Desa Goheung, daerah pesisir selatan negara itu.

Baca Juga: Ada yang Imutnya Awet, Ini 6 Potret Masa Kecil Seleb Korea Selatan

"Sayangnya, kami tidak mencapai tujuan dengan sempurna, tetapi kami membuat pencapaian yang sangat membanggakan pada peluncuran perdana."

Sejauh ini, hanya enam negara yang telah mengembangkan kendaraan peluncuran luar angkasa yang dapat membawa satelit lebih dari 1 ton, yakni Rusia, Amerika Serikat, Prancis, Cina, Jepang, dan India

Presiden Moon Jae-in mengatakan Korea Selatan berencana untuk melakukan peluncuran lagi roket luar angkasa Nuri tahun depan.

Menteri Sains dan Teknologi Informasi Komunikasi, Lim Hye-sook, juga mengatakan satelit dummy itu tidak dapat mencapai orbit yang diinginkan karena gagal mencapai kecepatan 7,5 kilometer per detik.

Ia menambahkan mesin seberat 7 ton pada roket tahap ketiga seharusnya menyala selama 521 detik, namun hanya terbakar selama 475 detik. Hal tersebut memperlambat roket pada akhirnya.

Baca Juga: Daebak! Produk Xylitol x BTS Laku Keras dalam Kurun Waktu 2 Minggu

"Bahwa tahap pertama, fairing roket dan tahap kedua berhasil dikeluarkan dan tahap ketiga berhasil dinyalakan masih merupakan prestasi," kata Lim Hye-sook dalam jumpa pers.

Komentar