alexametrics

NAM Air Tambah Rute Jakarta-Natuna, Begini Respon Kemenhub

Erick Tanjung
NAM Air Tambah Rute Jakarta-Natuna, Begini Respon Kemenhub
Water salute penerbangan perdana maskapai NAM Air rute Jakarta -Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, pada Sabtu (20/11/2021). Antara/HO-Kementerian Perhubungan

Langkah maskapai penerbangan ini dapat mendukung konektivitas dan aksesibilitas masyarakat, dari dan ke Kabupaten Natuna, ujar Novie.

Suara.com - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, menyambut positif penerbangan perdana maskapai NAM Air, yang telah menambah rute penerbangan dari Bandar Udara Soekarno-Hatta menuju Bandar Udara Ranai, Natuna Provinsi Kepulauan Riau, mulai Sabtu (20/11).

"Langkah maskapai penerbangan ini dapat mendukung konektivitas dan aksesibilitas masyarakat, dari dan ke Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, yang merupakan salah satu daerah terluar di Indonesia," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto dalam keterangannya, Minggu (21/11/2021).

Novie mengingatkan NAM Air untuk tetap mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan dalam penerbangan. Serta, unsur penting dalam menjamin kesehatan pengguna jasa transportasi udara, terutama dalam mencegah penularan Covid-19.

Dirjen Novie berharap, kehadiran rute baru tersebut segera dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Rute baru ini bisa dijalankan karena adanya kerja sama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pihak maskapai.

Baca Juga: 5 Objek Wisata di Bintan yang Jadi Primadona

Sementara itu, Kepala Bandar Udara Ranai, Natuna Gatot Riadi menjelaskan, penerbangan perdana rute Jakarta-Natuna melalui Batam oleh NAM Air saat ini, merupakan penerbangan charter.

Penerbangan ini dijadwalkan satu kali dalam seminggu yakni pada Sabtu, menggunakan pesawat jenis Boeing 737-500.

“Pesawat milik maskapai NAM Air dengan nomor registrasi PK-NAM, telah mendarat di Bandara Ranai pukul 11.30 waktu setempat, dengan membawa 115 penumpang dari Jakarta, Setelah sebelumnya transit di Batam," kata Gatot.

Pesawat kemudian balik menuju Jakarta pukul 12.55 waktu setempat, dengan membawa 93 penumpang dengan terlebih dahulu transit di Batam.

Semua proses keberangkatan dan kedatangan melewati tahap pemeriksaan administrasi dan protokol kesehatan yang telah ditentukan. "Terutama, untuk mencegah penularan Covid-19,” ucapnya.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca di Kepri 20 November 2021: Berawan dan Berpeluang Hujan

Sebelumnya, Bandar Udara Ranai, di Kabupaten Ranai - Natuna, telah melayani penerbangan rute pergi pulang Batam ke Natuna 9 kali dalam seminggu, dengan maskapai Wings Air.

Komentar