alexametrics

TransJakarta Kecelakaan Lagi Tabrak Pospol PGC, Wagub DKI Minta Evaluasi Menyeluruh

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
TransJakarta Kecelakaan Lagi Tabrak Pospol PGC, Wagub DKI Minta Evaluasi Menyeluruh
Sebuah bus TransJakarta menabrak Pos Lantas PGC Cililitan, Jakarta Timur, Kamis (2/12/2021). [Twitter@TMCPoldaMetro]

Riza mengakui kecelakaan yang melibatkan bus Transjakarta bukan hanya sekali ini saja terjadi.

Suara.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kembali meminta pada manajemen Transjakarta melakukan evaluasi menyeluruh, Ini disampaikan Riza setelah mengetahui bus Transjakara menabrak pos polisi di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Timur.

Riza mengatakan perlu ditelusuri lebih jauh apa yang menjadi persoalan dari operasional bus Transjakarta tersebut. Ia tak ingin ke depannya hal serupa kembali terjadi.

"Nanti akan kami evaluasi lebih lengkap dan menyeluruh apa sesungguhnya masalah yang terjadi sehingga terjadi tabrakan," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Politikus Gerindra ini mengakui kecelakaan yang melibatkan bus Transjakarta bukan hanya sekali ini saja terjadi. Bahkan, pada 25 Oktober 2021 lalu terjadi kecelakaan yang mengakibatkan dua orang tewas.

Baca Juga: Rem Blong, Bus Rombongan Santri Terguling di Jalur Wisata Guci Tegal, Balita Jadi Korban

"Memang ada beberapa kejadian belakangan ini, terkait sopir, masalah bus. Kemarin tabrakan, sekarang (menabrak) pos, ini nanti kami pelajari dulu," katanya.

Selanjutnya dari evaluasi tersebut, diharapkan pihak TransJakarta memiliki jalan keluar agar masyarakat bisa menaiki moda angkutan umum unggulan ini dengan nyaman tanpa rasa khawatir.

"Nanti kami carikan solusi terbaik," pungkasnya.

Bus TJ Tabrak Pospol PGC

Sebuah bus Transjakarta menabrak Pos Lantas PGC, Jakarta Timur, Kamis (2/12/2021). Dugaan sementara karena dongkrak yang terguling menimpa pedal gas.

Baca Juga: Tabrak Belakang Mobil, Seorang Pengendara Motor di Cianjur Tewas Tergilas Truk Tronton

"Dugaan awalnya karena dongkrak berat yang bisa membawa beban 15 ton ditaruh jok driver, tahu-tahu kan ke menggelinding pedal gas," kata Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Eddy S saat ditemui wartawan di lokasi.

Karena hal tersebut, kendaraan melaju terus, tak bisa dikendalikan sang sopir.

"Sehingga driver tidak bisa menguasai. Karenanya langsung menabrak pospol kami," ujar Eddy.

Namun hal tersebut masih dugaan sementara. Kata Eddy peristiwa ini masih didalami oleh Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, termasuk memeriksa pengemudi bus.

Saksi Dengar Bunyi Keras saat Tabrakan

Sebelumnya, Antoni, seorang tukang ojek yang berada di lokasi, mengatakan terdengar suara benturan yang cukup keras, saat peristiwa tabrakan terjadi.

"Duar gitu. Kencang gitu orang pada keluar semua," kata Antoni saat ditemui wartawan di sekitar lokasi,Kamis (2/12/2021).

Jelasnya kecelakaan terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Awalnya kendaraan tersebut keluar dari Halte PGC 2 yang berada di dalam Mall, atau dari arah Jalan Dewi Sartika hendak menuju ke arah Halte PGC 1.

Namun entah mengapa bus tancap gas menabrak Pos Polisi yang berada di simpang Jalan Mayjen Sutoyo.

Komentar