alexametrics

Profil Sujiwo Tejo, Budayawan Nyentrik Indonesia

Rifan Aditya
Profil Sujiwo Tejo, Budayawan Nyentrik Indonesia
Profil Sujiwo Tejo, Budayawan Nyentrik Indonesia - Sujiwo Tejo - (Instagram/@president_jancukers)

Profil Sujiwo Tejo, budayawan nyentrik ini kerap menyita perhatian publik, apalagi ketika memberikan komentar terkait isu sosial yang terjadi di Indonesia.

Suara.com - Siapa tak mengenal sosok Sujiwo Tejo? Profil Sujiwo Tejo, budayawan nyentrik ini kerap menyita perhatian publik, apalagi ketika memberikan komentar terkait isu sosial yang terjadi di Indonesia.

Sujiwo Tejo dikenal lantang menanggapi berbagai isu terkini di Indonesia dan bahkan kerap diundang ke berbagai acara televisi untuk dimintai pendapat ini ternyata memiliki masa lalu yang cukup menarik. Bagaimana profil Sujiwo Tejo sebenarnya?

Mungkin jika berbicara nama budayawan yang satu ini, hampir seluruh masyarakat sudah mengenalnya. Tidak hanya karena sosoknya yang nyentrik dan secara konsisten selalu tampil mengenakan sarung atau kain dan topi khasnya, pendapat yang dilontarkan juga selalu terdengar sangat menarik perspektifnya.

Profil Sujiwo Tejo

Baca Juga: Sujiwo Tejo Persilakan Menteri ke Semeru Kecuali Sosok Ini, Netizen Langsung Tunjuk Hidung

Pria dengan nama asli Agus Hadi Sudjiwo ini lahir pada hari Jumat, 31 Agustus 1962 di Jember, Jawa Timur. Waktu berjalan hingga kemudian ia memiliki ‘nama panggung’ Sujiwo Tejo hingga saat ini dikenal oleh banyak orang.

Jika menilik profesi yang dijalaninya saat ini, beliau bisa dikatakan sebagai budayawan, pelukis, aktor, penyanyi, pencipta lagu, hingga penulis. Hal ini karena pada kenyataannya memang Sujiwo Tejo memiliki banyak sekali karya yang berasal dari buah pikiran dan buah tangannya.

Riwayat Pendidikan Sujiwo Tejo

Perspektifnya yang unik dalam melihat satu persoalan sering jadi pendapat yang diperhitungkan, bahwa hidup bisa dilihat dari berbagai arah tergantung dimana seseorang akan berdiri. Dengan latar belakang pendidikan jurusan Matematika ITB (1980 - 1985) dan jurusan Teknik Sipil ITB (1981-1988).

Jika dilihat dari tahun beliau mengenyam bangku perkuliahan saja, sudah dapat dilihat bahwa beliau adalah pribadi yang unik. Bayangkan, dalam waktu yang hampir bersamaan beliau mengambil dua jurusan yang terbilang sangat rumit, Matematika dan Teknik Sipil di ITB.

Baca Juga: Sujiwo Tejo Persilakan Para Menteri ke Semeru Kecuali yang Satu Ini

Ia sendiri pernah bekerja sama dengan Nirwan Dewanto yang juga budayawan, untuk mendirikan Ludruk ITB di masa lalu. Nirwan Dewanto menjabat sebagai Kepala Bidang Pedalangan pada Persatuan Seni Tari dan Karawitan Jawa di ITB tahun 1981-1983.

Komentar