facebook

Doa Sapu Jagat Sebaiknya Diamalkan Setiap Hari, Ini Bacaan Latin dan Artinya

Rifan Aditya
Doa Sapu Jagat Sebaiknya Diamalkan Setiap Hari, Ini Bacaan Latin dan Artinya
Ilustrasi berdoa, Doa Sapu Jagat (Freepik)

Bacaan doa sapu jagat sebaiknya diamalkan kapan dan di mana saja, supaya kita mendapatkan keselamatan di dunia dan akhirat.

Suara.com - Setiap umat muslim tentu sudah tidak asing dengan istilah doa sapu jagat. Dinamakan Doa Sapu Jagat karena lewat doa ini, diharapkan bagi mereka yang rutin mengamalkannya akan mendapatkan keberkahan di dunia maupun di akhirat.

Lalu bagaimana bacaan doa sapu jagat tersebut? Simak penjelasannya dalam artikel yang telah disusun Suara.com berikut.

Dari Anas, ia berkata, "Kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah 'Allahumma, atina fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar", (HR Bukhari dan Muslim).

Doa ini biasanya menjadi akhir ketika menutup doa-doa yang lain, sebelum mengaminkan doa yang telah kita panjatkan. Doa Sapu Jagat ini juga menjadi bentuk tawakal kepada Alllah SWT, seraya berharap untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. 

Baca Juga: 4 Doa Keselamatan Dunia Akhirat, Bacakan Sebelum Memulai Aktivitas

Bacaan Doa Sapu Jagat dan Artinya

Bacaan Latin Doa Sapu Jagat: "Rabbanaa, aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar".

Arti Doa Sapu Jagat: "Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka".

Diketahui, lafal Doa Sapu Jagat ini dikutip dari Al Quran Surat Al Baqarah ayat 201: “Wa min-hum may yaqalu rabbana atina fid-dun-ya hasanataw wa fil-akhirati hasanataw wa qin 'azaban-nar", yang artinya: “Di antara mereka ada orang yang berdoa, ‘Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka".

Dalam Surat Al Baqarah ayat 203, Allah SWT menganjurkan umat-Nya untuk membaca doa ini pada Hari Tasyrik 11, 12 dan 13 Zulhijjah. Allah SWT berfirman dalam QS Al-Baqarah ayat 203 yang artinya: "Dan berzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang berbilang. Barangsiapa yang ingin cepat berangkat (dari Mina) sesudah dua hari, maka tiada dosa baginya. Dan barangsiapa yang ingin menangguhkan (keberangkatannya dari dua hari itu), maka tidak ada dosa pula baginya, bagi orang yang bertakwa. Dan bertakwalah kepada Allah, dan ketahuilah, bahwa kamu akan dikumpulkan kepada-Nya".

Baca Juga: Pendek Tapi Ampuh, Ini Bacaan Doa Sapu Jagat: Bisa Terhindar dari Api Neraka

Doa Sapu Jagat ini memang cukup dikenal oleh umat muslim. Meskipun bacaannya hanya pendek, namun doa yang satu ini memiliki makna yang sangat penting, baik bagi kehidupan setiap umat muslim maupun kehidupan dunia dan akhirat. Selain bisa dibaca setiap selesai menunaikan ibadah sholat, doa ini juga bisa diamalkan kapan dan di mana saja.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar