facebook

Niat Puasa Ramadhan yang Hukumnya Wajib untuk Umat Islam, Ini Bacaan Latin dan Artinya

Rifan Aditya
Niat Puasa Ramadhan yang Hukumnya Wajib untuk Umat Islam, Ini Bacaan Latin dan Artinya
Niat Puasa Ramadhan yang Hukumnya Wajib untuk Umat Islam, Ini Bacaan Latin dan Artinya - Ilustrasi niat puasa (Pexels)

Puasa bulan Ramadhan hukumnya wajib. Bahkan, urutan ketiga dalam rukun Islam. Adapun bacaan niat puasa Ramadhan yakni sebagai berikut.

Suara.com - Sebentar lagi umat muslim akan memasuki ibadah puasa bulan suci Ramadhan 2022. Tak terasa, ini kali ketiga kita menjalankan ibadah puasa pada masa pandemi. Nah apakah kalian masih ingat dengan niat puasa Ramadhan?

Diketahui, puasa Ramadhan tahun ini jatuh pada tanggal 2 April 2022. Bacaan niat puasa Ramadhan umumnya dibaca pada saat sahur sebelum tanggal tersebut.

Puasa bulan Ramadhan hukumnya wajib. Bahkan, urutan ketiga dalam rukun Islam. Untuk niat puasa, setiap muslim yang berpuasa Ramadhan, harus niat terlebih dulu di malam sebelum menjalankan ibadah puasa. 

Biasanya niat puasa Ramadhan ini akan dibacakan oleh imam usai menjalankan ibadah shalat Tarawih, yang mana dilakukan sebulan penuh, kecuali bagi yang berhalangan. Misalnya sakit, dalam perjalanan jauh, haid maupun nifas (bagi perempuan).

Baca Juga: Bacaan Doa Nisfu Syaban Latin dan Artinya, Amalan Baik untuk Persiapan Menyambut Bulan Puasa

Sebagai ibadah wajib, setiap umat muslim yang menjalankannya akan mendapat pahala dan bagi yang meninggalkannya akan mendapat dosa. Adapun kewajiban berpuasa tersebut tercantum dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 183. Adapun bunyinya sebagai berikut.

Yaa ayyuhal laziina aamanuu kutiba 'alaikumus Siyaamu kamaa kutiba 'alal laziina min qablikum la'allakum tattaquun

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Berikut Bacaan Niat Puasa Ramadhan 

Bagi umat muslim yang akan menajalankam puasa Ramadhan, berikut ini bacaan latin niat puasa Ramadhan yang perlu diketahui yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Syaban: Tata Cara dan Waktu Pelaksanaannya

Nawaitu shouma ghodin an adaai fardlu syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aalaa

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar