facebook

Berkah Lebaran, MRT Jakarta Catat Penumpang Tertinggi Sejak Era Pandemi Covid-19

Bangun Santoso | Stefanus Aranditio
Berkah Lebaran, MRT Jakarta Catat Penumpang Tertinggi Sejak Era Pandemi Covid-19
Antrean penumpang MRT Jakarta saat libur lebaran 2022. (Suara.com/Tio)

Rendi Alhial membeberkan data jumlah penumpang pada hari ketiga lebaran (4/5/2022) saja sudah mencapai 57.922 penumpang

Suara.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) mengungkapkan jumlah penumpang pada masa libur hari ketiga Idulfitri 1443 Hijriah mencatatkan rekor tertinggi sejak era pandemi Covid-19.

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Rendi Alhial membeberkan data jumlah penumpang pada hari ketiga lebaran (4/5/2022) saja sudah mencapai 57.922 penumpang.

"Angka ini menunjukkan jumlah tertinggi sepanjang tahun ini sejak Januari 2022. Dibandingkan saat liburan lebaran tahun sebelumnya, terdapat peningkatan sebanyak 119 persen, yaitu 26.499 orang," kata Rendi, Jumat (6/5/2022).

Dia menyebut pada masa libur lebaran ini, fungsi MRT tidak hanya sebagai transportasi pemindah orang, melainkan sebagai ruang berinteraksi masyarakat dan berwisata di Jakarta.

Baca Juga: Jumlah Pengguna MRT Selama Libur Lebaran Naik 181 Persen Dibandingkan Tahun Sebelumnya

"Cukup banyak ditemui pengguna yang baru pertama kali menggunakan layanan MRT Jakarta, dan terdapat beberapa wisatawan dari luar kota Jakarta yang masih awam dengan fasilitas MRT Jakarta," ucapnya.

Sebagian besar masyarakat menggunakan MRT Jakarta dengan tujuan ke beberapa pusat perbelanjaan dan destinasi wisata sekitar jalur MRT Jakarta diantaranya kawasan Bundaran HI, Blok M, Dukuh Atas, Lebak Bulus, dan Senayan.

Selain itu, fasilitas publik seperti Sarinah, Terowongan Kendal dan Taman Dukuh Atas, berbagai pusat perbelanjaan terintegrasi di sepanjang jalur MRT Jakarta hingga objek wisata yang dapat dijangkau dengan bus pengumpan Transjakarta atau PPD dengan tujuan Kota Tua, Jakarta International Stasiun, Taman Margasatwa Ragunan, Pantai Maju PIK, Ancol, hingga Jembatan Penyeberangan Orang Pinisi juga menjadi tujuan para wisatawan.

Rendi meminta demi memberikan kemudahan dalam melakukan perjalanan serta untuk mengurangi penumpukan penumpang pada antrean masuk, pengguna MRT Jakarta dapat melakukan pembelian tiket melalui aplikasi MRT-J.

"Dengan aplikasi ini, penumpang dapat melakukan pembelian tiket sebelum tiba di stasiun dengan menggunakan berbagai pilihan pembayaran elektronik diantaranya Dana, LinkAja, OVO, serta Gopay dan setelah itu dapat memindai kode QR pada pintu masuk penumpang (passenger gate).

Baca Juga: Libur Lebaran, Jumlah Penumpang MRT Jakarta Meningkat 181 Persen

MRT Jakarta juga menyediakan sistem pembayaran dengan menggunakan kartu elektronik diantaranya Flazz, Jakcard, Tapcash, e-money, dan Brizzi dengan ketentuan penggunaan 1 kartu hanya diperuntukan untuk 1 orang/penumpang.

Komentar