facebook

Berapa Banyak Dzikir Sholat Tahajud?

Rifan Aditya
Berapa Banyak Dzikir Sholat Tahajud?
berapa banyak dzikir sholat tahajud - Ilustrasi dzikir, baca alquran, tadarus, berapa banyak dzikir sholat tahajud (Pexels)

Waktu yang paling utama untuk mengerjakan sholat ini adalah sepertiga malam yang akhir.

Suara.com - Sholat tahajud adalah salah satu sholat sunnah yang dikerjakan di malam hari, yang sangat dianjurkan dengan dilengkapi dengan dzikir. Seperti apa bacaannya dan berapa banyak dzikir sholat tahajud itu?

Sebelum masuk ke pembahasan tentang berapa banyak dzikir sholat tahajud dan bagaimana bacaannya. Anda perlu tahu dulu pengertian sholat tahajud mulai dari waktu pelaksanaan dan niatnya. 

Waktu melaksanakan sholat ini dimulai setelah waktu sholat isya’ sampai menjelang subuh. Meski demikian, waktu yang paling utama untuk mengerjakan sholat ini adalah sepertiga malam yang akhir. 

Sholat tahajud dapat dilakukan di sepertiga malam. Sepertiga malam sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu:

Baca Juga: Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap: Niat, Hukum, Keutamaan, Waktu, Jumlah Rakaat hingga Doanya

  1. Sepertiga malam pertama, terhitung mulai dari jam 22.00 sampai pukul 00.00 dini hari.
  2. Sepertiga malam kedua, masuk pada pukul 00.00 sampai pukul 01.00 dini hari.
  3. Sepertiga malam terakhir, mulai pukul 01.00 sampai 03.00, atau secara mudahnya kita bisa melakukan sholat tahajud dari setelah isya sampai sebelum subuh.

Bacaan Niat Sholat Tahajud

Berikut bacaan latin niat sholat tahajud yang perlu anda baca terlebih dahulu.

"Usholli sunnatat tahajjudi rok’ataini mustaqbilal qiblati lillaahi ta’aalaa"

Niat sholat tahajud ini wajib dilafalkan sebagai pembeda dan pengkhusus dari sholat yang lain. Sebab, sholat sunnah dua rakaat yang dilakukan pada malam hari itu ada banyak, sehingga diperlukan niat untuk mengkhususkan bahwa yang sedang dikerjakan adalah sholat sunnah tahajud.

Lantas, bagaimana bacaan doa dan dzikir setelah sholat tahajud? Berapa banyak dzikir sholat tahajud? Dzikir dan doa setelah sholat tahajud merupakan rangkaian ibadah sunnah yang sebaiknya dilakukan sebagai amalan pelengkap selain sholat 5 waktu yang telah diwajibkan.

Baca Juga: Dzikir setelah Sholat Tahajud Sesuai Sunah Rasul, Bisa Bikin Batin Tenang

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Komentar