facebook

KBRI Fasilitasi Repatriasi Jenazah Eril Sebelum Diterbangkan Satu Pesawat dengan Ridwan Kamil ke Indonesia

Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
KBRI Fasilitasi Repatriasi Jenazah Eril Sebelum Diterbangkan Satu Pesawat dengan Ridwan Kamil ke Indonesia
Eril dan Ridwan Kamil. (Instagram)

Judha berharap proses pemulangan jenazah Eril berjalan dengan lancar.

Suara.com - Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha, mengatakan sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, KBRI Bern dan Kementerian Luar Negeri berupaya semaksimal mungkin melakukan pencarian hingga pemulangan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke Indonesia.

Hal ini dikatakan Judha dalam jumpa pers secara virtual, Sabtu (11/6/2022).

"Terus berusaha membantu semaksimal mungkin, dari pada saat pencarian sampai ke pemulangan jenazah ke tanah air," ujar Judha dalam jumpa pers secara virtual.

Menlu Retno kata Judha, terus melakukan komunikasi dengan Dubes RI Bern Muliaman D Hadad dan tim serta mengkoordinasikan tim yang ada di Jakarta.

Baca Juga: Si Anak Sholeh Ganteng Ini Akhirnya Kembali Pulang, Ridwan Kamil: Alhamdulillah

"Dari waktu ke waktu ibu Menlu juga terus lakukan komunikasi dengan bapak Gubernur Ridwan Kamil," papar dia.

Selain itu, Judha menuturkan KBRI Bern telah melakukan langkah-langkah repatriasi jenazah Eril

Judha menuturkan langkah repatriasi yang dilakukan yakni dari mulai pengurusan keputusan Pengadilan Kantor Bern untuk izin serah terima jenazah, hingga penerbitan surat kematian Eril.

"Sejak jenazah almarhum ananda Eril, ditemukan pada 8 Juni yang lalu, langkah-langkah repatriasi yang dilakukan KBRI Bern, antara lain adalah pengurusan keputusan pengadilan kantor Bern untuk izin serah terima jenazah. Lalu kemudian melakukan pengurusan date sertificate dengan otoritas setempat, melakukan penerbitan surat keterangan kematian yang dikeluarkan oleh KBRI Bern," kata Judha.

Selanjutnya KBRI kata Judha, melakukan pemulasaran jenazah dan pemetian sebelum diterbangkan ke Indonesia

Baca Juga: Wanti-wanti Menteri Jokowi Jelang Pemilu, Politisi Demokrat: Jangan Seenaknya Gunakan Fasilitas Negara Untuk Kampanye

Pemulasaran jenazah sesuai dengan syariat Islam dan kemudian melakukan pemetian jenazah sesuai dengan standar penerbangan," ucap dia.

Emmeril Khan Mumtadz (Instagram/Emmerilkahn)
Emmeril Khan Mumtadz (Instagram/Emmerilkahn)

Judha menuturkan Kemlu di Jakarta juga telah melakukan rapat koordinasi untuk memastikan kelancaran ketibaan jenazah di Indonesia.

Sebelumnya, Judha mengatakan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan diterbangkan dari Bandara Zurich, Swiss pada pukul 10.10 waktu Swiss atau pukul 15.10 Waktu Indonesia.

Jenazah Eril akan satu penerbangan dengan Ridwan Kamil dan keluarga.

"Saat ini informasi yang kami dapat dari KBRI Bern, bapak Ridwan Kamil didampingi pejabat KBRI Bern telah berada di Zurich Airport dan direncanakan akan take off pada pukul 10.10 waktu setempat atau pukul 15.10 menit waktu Indonesia," ujar Judha dalam jumpa pers secara virtual, Sabtu (11/6/2022).

Judha menjelaskan Ridwan Kamil dan jenazah Eril akan tiba pada Minggu 12 Juni 2022 pukul 15.45 WIB.

Selanjutnya jenazah kata Judha, akan langsung dibawa menuju Bandung melalui jalur darat

"Bapak Ridwan Kamil dan jenazah direncanakan akan tiba di bandara Soekarno Hatta pada hari Minggu tanggal 12 Juni tahun 2022 pukul 15.45 waktu Indonesia Barat. Selanjutnya jenazah akan langsung dibawa ke Bandung melalui jalan darat," kata dia.

Judha berharap proses pemulangan jenazah Eril berjalan dengan lancar.

"Kita doakan bersama kiranya proses kepulangan jenazah ananda Eril dapat berlangsung lancar hingga nanti proses pemakaman. Sekali lagi atas nama kementerian luar negeri, kami sampaikan duka cita kami yang mendalam," katanya.

Dimakamkan Senin

Diketahui jenazah Eril akan dimakamkan di pemakaman milik keluarga yang berada di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung pada Senin (13/6/2022) pagi

Jenazah Eril akan dimakamkan di sebelah Masjid Al Mumtadz yang dirancang oleh sang ayah, Ridwan Kamil.

Adapun lokasi makam Eril dan Masjid Al Mumtadz berada di Kampung Geger Beas, RT 01 RW 05 Desa Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Seperti diketahui, jenazah Eril ditemukan di Bendungan Engehalde setelah hilang di Sungai Aare ketika sedang berenang.

Pada Rabu (8/6/2022) waktu setempat Kepolisian Swiss merilis temuan jenazah Warga Negara Indonesia (WNI) yang tersangkut di Bendungan Engehalde, Swiss.

Komentar