facebook

Jepang Berikan 300 Unit Refrigerator Vaksin ke Indonesia

Pebriansyah Ariefana
Jepang Berikan 300 Unit Refrigerator Vaksin ke Indonesia
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi. [YouTube/Sekretariat Presiden]

Hibah ini untuk mendukung program vaksinasi COVID-19 di Indonesia.

Suara.com - Jepang berikan 300 unit refrigerator vaksin ke Indonesia. Refrigerator vaksin itu diberikan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Hibah ini untuk mendukung program vaksinasi COVID-19 di Indonesia.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menjelaskan Fasilitas logistik menjadi salah satu penentu kesuksesan Indonesia dalam program vaksinasi COVID-19 yang telah bergulir selama 17 bulan terakhir.

Kekinian ketersediaan logistik berupa fasilitas penyimpanan vaksin bersuhu dingin telah berkontribusi sebesar 15 persen untuk persiapan negara dalam memenangkan peperangan menghadapi pandemi.

Baca Juga: Update Covid-19 Global: Kota Shanghai di China Capai Nol Kasus Virus Corona

Selama masa perang menghadapi SARS-CoV-2 penyebab COVID-19, kata Budi, sistem kesehatan di Indonesia telah diperkuat dengan pengadaan tempat penyimpanan vaksin rantai dingin berkisar minus 82 derajat Celcius yang ideal untuk negara tropis.

"Sehingga kami bisa melayani dan mendistribusikan vaksin ke 17.000 pulau dan 270 juta penduduk Indonesia," katanya.

Tempat penyimpanan vaksin yang dimiliki Indonesia, di antaranya sebanyak 44 unit jenis ultra cold storage merupakan transaksi pembelian dari UNICEF melalui Fasilitas COVAX.

Alat tersebut saat ini telah disebar ke 34 provinsi di Indonesia dan tersedia di PT Bio Farma Bandung, Jawa Barat.

Dalam acara yang sama, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasuki Kenji memuji kepemimpinan Indonesia dalam Forum G20 bidang kesehatan.

Baca Juga: Covid-19 Naik Lagi, Pasien Positif di RSDC Wisma Atlet Kemayoran Tembus 121 Orang

Pengadaan bantuan 300 unit alat refrigerator vaksin bertujuan untuk mendukung Indonesia dalam mewujudkan ketahanan sistem kesehatan global.

Komentar