facebook

Jelang Closing Date, 90.195 Jemaah Haji Indonesia Telah Berada di Tanah Suci

Ruth Meliana Dwi Indriani | Rendy Adrikni Sadikin
Jelang Closing Date, 90.195 Jemaah Haji Indonesia Telah Berada di Tanah Suci
Ilustrasi ibadah haji 2022 (Pixabay/dinar_aulia)

Pemerintah Arab Saudi menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada 30 Juni lalu. Artinya, pelaksanaan wukuf di Arafah tanggal 9 Dzulhijjah akan bertepatan dengan hari Jumat.

Suara.com - Sebanyak 90.195 jemaah calon haji 2022 Indonesia hingga kini telah berada di Tanah Suci. Angka tersebut berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu per Sabtu (2/7/2022).

Dari angka tersebut, sebanyak 45.097 jemaah haji dari 114 kloter mendarat melalui Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdulaziz (AMMA), Madinah, Arab Saudi.

Sementara, sebanyak 45.098 dari 117 kloter mendarat melalui Bandara Internasional King Abdulaziz (KAIA), Jeddah. Hingga closing date, kedatangan jemaah hanya terpusat di Bandara Jeddah.

Selain itu, hingga Sabtu 2 Juli 2022, ada 19 jemaah calon haji Indonesia yang meninggal di Tanah Suci. Sedangkan, hingga kiwari, sebanyak 118 jemaah Indonesia dirawat.

Baca Juga: Calon Haji Furoda Wajib Berangkat ke Arab Saudi Lewat PIHK, Simak Aturannya

Seperti diketahui, Pemerintah Arab Saudi sudah menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada 30 Juni lalu. Artinya, pelaksanaan wukuf di Arafah tanggal 9 Dzulhijjah akan bertepatan dengan hari Jumat, 8 Juli 2022.

Maka artinya, tahun ini disebut pula sebagai haji akbar karena wukuf di Arafah jatuh di hari Jumat.

Lantaran tinggal hitungan hari, jemaah diminta menghemat energi untuk aktivitas-aktivitas tidak penting. Jemaah diminta fokus menjaga stamina agar saat pelaksanaan puncak haji berjalan dengan lancar.

Tak lupa, jemaah diwajibkan terus memperbanyak konsumsi air putih, dan beristirahat. Misalnya dengan mulai melaksanakan salat di masjid sekitar hotel.

Baca Juga: Calon Haji Furoda asal Indonesia Rogoh Kocek Rp 200 - 300 Juta

Komentar