Kunjungan ke Jepang, Anies Baswedan Bahas Kerja Sama Transportasi Publik Ramah Lingkungan

Agatha Vidya Nariswari
Kunjungan ke Jepang, Anies Baswedan Bahas Kerja Sama Transportasi Publik Ramah Lingkungan
Gubernur Jakarta Anies Baswedan dalam acara Temu Tokoh Nasional yang diselenggarakan oleh Forum Pemred pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-10 Forum Pemred di Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (5/8/2022). ANTARA/Putu Indah Savitri

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini membeberkan pembahasan yang dilakukan dengan Gubernur Tokyo, yakni mengenai usaha kebangkitan pasca pandemi Covid-19.

Suara.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kunjungan ke Jepang untuk bertemu dengan Gubernur Tokyo Yuriko Koike. Kunjungan Anies tersebut untuk membahas potensi kerja sama beberapa bidang, salah satunya transportasi publik ramah lingkungan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini membeberkan pembahasan yang dilakukan dengan Gubernur Tokyo, yakni mengenai usaha kebangkitan pasca pandemi Covid-19.

"Kami membahas banyak hal, terutama tentang usaha kebangkitan pasca pandemi, kerja sama membangun kota tahan bencana dan di bidang transportasi publik ramah lingkungan," kata Anies melalui akun Instagram @aniesbaswedan di Jakarta, Sabtu (13/8/2022).

Melalui akun instagram pribadinya, Anies mengunggah momen pertemuannya dengan Gubernur Tokyo di Balai Kota Tokyo dengan didampingi beberapa delegasi.

Baca Juga: Anies Pastikan Petugas PPSU Aniaya Pacar Sudah Dipecat!

Ia tidak membeberkan lebih lanjut potensi kerja sama yang berpeluang dilakukan kedua kota itu
Anies juga tidak mengungkapkan kapan ia tiba di Tokyo dan sampai kapan berada di Negeri Sakura itu.

Dalam unggahan tersebut, Gubernur DKI itu juga mengundang Yuriko Koike untuk hadir dalam forum "Urban 20" di Jakarta akhir Agustus 2022.

"Ia menyampaikan kesediaan dan konfirmasinya untuk hadir langsung, bersama dengan pemimpin kota-kota utama dunia lainnya," kata Anies.

Menurutnya, Tokyo dan Jakarta adalah "sister city" atau kota kembar, dengan hubungan yang terjalin sudah lama sehingga momentum pertemuan hangat itu menjadi titik komitmen baru untuk mempererat hubungan dua kota metropolitan tersebut.

Anies bercerita pertama kali bertemu dengan Gubernur Koike pada 2017 ketika awal dirinya menjabat sebagai Gubernur DKI.

Baca Juga: Tak Juga Cabut Pergub Penggusuran, PSI Sebut Anies Tak Konsisten dengan Janji Kampanye

"Kami sempat bertemu langsung lagi pada tahun 2019 saat 'Urban 20 Summit' di Tokyo. Selain itu, terjadi pula pertemuan berkali-kali secara virtual saat kota-kota utama dunia bersama-sama menghadapi pandemi COVID-19," tutur Anies.

Saat masa awal pandemi, Anies mengaku para gubernur dan wali kota dari berbagai negara melakukan pertemuan virtual secara berkala untuk saling belajar, saling bertanya dan bertukar pengalaman lintas kota se-dunia soal penanganan COVID-19.

Gubernur Koike dan GubernurbAnies pada 2019 terpilih menjadi wakil ketua bersama Forum Kota atau C40, organisasi kota-kota utama dunia yang berfokus pada penanganan krisis iklim global.

"Maka, komunikasi dan kerjasama dengan Gubernur Koike selama ini jadi makin intensif," ucapnya. [ANTARA]