Kunci Kabin Mobil Resik: Tak Tertinggal Asap Rokok

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Kunci Kabin Mobil Resik: Tak Tertinggal Asap Rokok
Asap rokok mengganggu pernapasan, termasuk anak-anak yang usianya rentan saat terpaksa menghirupnya. Asap juga akan mengendap atau tertinggal di seisi kabin. [Shutterstock].

Bau asap rokok bakal tertinggal lama di kabin mobil. Berpotensi hadirkan penyakit.

Suara.com - Para penyuka otomotif, apalagi lelaki, dikenal resik dan rapi mendandani mobil. Termasuk memoles bagian eksterior sehingga tampilan kinclong. Termasuk "efek daun talas" yang bisa didapat dengan membubuhkan bahan tertentu pada bodi. Setelah tampilan luar, mari longok bagian dalamnya. Apakah bagian kabin dan interior resik, lagi bebas bau?

Aroma yang ditinggalkan oleh asap rokok, baik pengemudi maupun siapa saja penghuni kabin selagi berkendara, bakal tinggal lama meski aktivitas merokok sudah selesai.

Apa pasal? Asap dari rokok bakal terus mengalir bersama sirkulasi kabin, termasuk bila menggunakan pendingin udara alias A/C atau AC. Akibatnya, bakal menempel pada jok serta perangkat lain, mulai karpet mobil, pilar kendaraan sampai langit-langit. Bahkan segala benda yang biasa disimpan di kabin, seperti bantal duduk bahkan tempat sampah kecil. Makin parah bila dari material benda-benda ini terbuat dari kain yang menyerap bebauan itu.

Selain bebauan sisa pembakaran tembakau itu bakal tinggal, selanjutnya akan terhirup oleh manusia--perhatikan pula, khususnya anak-anak yang lebih rawan kondisi kesehatannya dibandingkan manusia dewasa--dan berpotensi memicu berbagai penyakit. Utamanya yang berhubungan dengan saluran pernapasan.

Berikut adalah langkah mereduksi bau sisa asap temabkau atau rokok dari kabin mobil, yang dibagikan laman resmi perusahaan otomotif Korea, Hyundai:

1. Keluarkan seluruh sampah dari kabin, termasuk yang menempel di jok dan karpet, dengan bantuan vacuum cleaner.

2. Gunakan pengusir bau rokok untuk membersihkan jok dan karpet.

3. Lap seluruh interior mobil dengan cairan pembersih.

4. Bersihkan sistem sirkulasi udara. Caranya dengan menyemprotkan cairan penetral bau atau pengharum ruangan.

5. Parkirlah kendaraan yang baru dibersihkan ini di tempat terbuka, nyalakan A/C serta buka seluruh pintu.  Dengan cara ini, sirkulasi udara pun mengalir leluasa dan ikut mengurangi serta menghilangkan bau asap rokok.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS