Kakorlantas Berbagi Tips Aman Bermobil Saat Mudik Lebaran 2019

RR Ukirsari Manggalani
Kakorlantas Berbagi Tips Aman Bermobil Saat Mudik Lebaran 2019
Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri (kiri) berjalan saat meninjau pasar di jalur tengah Tegal-Puwokerto, Linggapura, Brebes, Jawa Tengah, Jumat (26/4/2019). Kegiatan tersebut guna memetakan titik kemacetan sekaligus solusi di jalan raya sekitar lokasi pasar saat mudik Lebaran 2019 [ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah].

Meski rute mengasyikkan, Kakorlantas Polri imbau tetap fokus. Simak juga jadwal rekayasa tol Trans Jawa di sini.

Suara.com - Bermacam moda transportasi darat bakal "turun" beramai-ramai dalam mudik Lebaran 2019 atau Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah sekitar dua pekan mendatang. Termasuk kendaraan-kendaraan pribadi yang dikemudikan para pemudik alias mudikers.

Diperkirakan oleh Satriyo Hidayat, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Kamis (16/5/2019), seperti dikutip dari kantor berita Antara, bahwa sebanyak 5,6 juta  mudikers menggunakan mobil pribadi.

Dengan begitu banyak volume kendaraan di jalan raya  seantero Pulau Jawa saat arus mudik dan puncak mudik, serta arus balik dan puncak balik nanti, para pengemudi kendaraan pribadi mesti berkonsentrasi dan peka dalam menilik kondisi jalan raya.

Irjen Pol Refdi Andri, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Kepolisian Republik Indonesia, saat menggelar peninjauan di rute mudik Lebaran 2019 Jakarta-Surabaya-Bali, Jumat (17/5/2019) mengimbau para pemudik terutama pengemudi agar tidak kehilangan konsentrasi gara-gara menikmati keindahan pemandangan di sepanjang perjalanan.

Presiden Joko Widodo mengamati peta jalan tol disela peresmian ruas jalan Trans Jawa di Interchange Bandar kilometer 671, Jombang, Jawa Timur, Kamis (20/12). [ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari]
Presiden Joko Widodo mengamati peta jalan tol disela peresmian ruas jalan Trans Jawa di Interchange Bandar kilometer 671, Jombang, Jawa Timur, Kamis (20/12/2018). [ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari]

Kakorlantas menyatakan bahwa jalur mudik Jakarta-Surabaya-Bali memiliki banyak pemandangan yang bisa dinikmati terutama di siang hari. Salah satu lokasi pemandangan menawan itu adalah Tol Jombang-Mojokerto km 440 sampai km 460.

"Pengemudi harus ekstra hati-hati, utamanya di siang hari. Mengapa di siang hari? Karena memang suasana di siang hari banyak pemandangan di kiri dan kanan yang bisa dinikmati. Namun biarlah pemandangan itu dinikmati orang selain pengemudi," kata Irjen Pol Refdi Andri di rest area km 575A, Ngawi, Jawa Timur.

Selain pemandangan indah, tol Jombang-Mojokerto km 440 sampai km 460 tadi memiliki medan terjal dan berkelok.

"Ada juga tikungan-tikungan dan tanjakan saat menikung, kemudian turunan sedikit agak terjal," imbuhnya.

Agar kelancaran lalu lintas terjaga selama berlangsung arus mudik dan balik, Kepolisian Republik Indonesia telah mempersiapkan sejumlah langkah, antara rekayasa arus lalu lintas sistem tol satu arah.

Jadwal diberlakukannya sistem tol satu arah di tol Trans Jawa adalah sebagai berikut:

Arus mudik: 30 Mei - 2 Juni 2019
Arus balik: 7 - 9 Juni 2019

Area berlakunya sistem satu arah: Gerbang Tol Cikarang Utama km 29 hingga Gerbang Tol Brebes Barat km 262.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS