Kenalkan Inovasi Listrik, PLN Bakal Gelar Friday Innovation Night

RR Ukirsari Manggalani
Kenalkan Inovasi Listrik, PLN Bakal Gelar Friday Innovation Night
Uji coba pengembangan charging station atau Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) untuk mendukung akselerasi kendaraan listrik di Jakarta [ANTARA Foto].

PLN siap perkenalkan inovasi tentang listrik sebagai energi pintar, dalam wadah Friday Innovation Night.

Suara.com - Berbincang soal mobil dan motor listrik atau secara umum disebut sebagai Kendaraan Bermotor Listrik (KBL), hal penting yang tak boleh dilewatkan adalah soal sumber dayanya sendiri, yaitu listrik.

Pasalnya, sebagai tunggangan berbahan bakar non-emisi, KBL menggunakan baterai sebagai andalan, yang di satuan waktu tertentu perlu diisi ulang atau mengalami proses recharging menggunakan arus listrik.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) didampingi pembalap Sean Gelael (kiri) berada dalam mobil listrik ketika mengikuti konvoi melintas di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, Jumat (20/9). [Suara.com/Arya Manggala]
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) didampingi pembalap Sean Gelael (kiri) berada dalam mobil listrik ketika mengikuti konvoi melintas di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta, Jumat (20/9). [Suara.com/Arya Manggala]

Dikutip dari kantor berita Antara, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bakal menghadirkan Friday Innovation Night di lima kota sebagai upaya memperkenalkan berbagai inovasi di bidang listrik sekaligus aplikasinya untuk menjadikan listrik sebagai energi pintar.

"Kami akan hadir di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Denpasar yang diisi dengan bincang-bincang dan hiburan," jelas Yuddy Setyo Wicaksono, Senior Executive Vice President Business dan Pelayanan Pelanggan PT PLN, di Jakarta, Sabtu (6/10/2019).

Bincang-bincang santai dan hiburan ini, tak lain adalah sebuah proses menciptakan ekosistem KBL serta berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari menggunakan listrik sebagai sumber energi utama.

Oleh sebab itu, menurut Yuddy Setyo Wicaksono, dalam bincang-bincang akan dibahas soal energi ramah lingkungan sesuai gaya hidup masyarakat yang ingin serba praktis, termasuk dalam hal memiliki hunian pintar.

Selain itu, digelar edukasi mengenai penggunaan kompor induksi yang lebih ramah lingkungan, penggunaan solar panel, motor listrik dengan melibatkan komunitas kendaraan berpenggerak listrik seperti sepeda listrik, Segway, dan lainnya.

Hendra Noviyanto selaku co-founder Citarasaprima Indonesia Berjaya (CRB) yang akan dihadirkan dalam acara bincang-bincang Friday Innovation Night menyatakan bahwa selaku pemilik gerai makan "Warunk Upnormal", perusahaannya berkomitmen untuk menyediakan 100 colokan listrik di setiap gerai.

"Kami juga sudah mulai menggunakan sejumlah kompor listrik – induksi di sejumlah gerai kami, sebagai komitmen mengurangi penggunaan kompor yang berasal dari energi yang cepat habis," jelas Hendra Noviyanto.

Selain itu, sebagai bentuk partisipasi mereka akan menggunakan kompor induksi, dalam kegiatan event internasional Dubai Expo 2020 nanti, mereka juga menjadi salah satu perusahaan pengaplikasi penggunaan kompor induksi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS