Hanya Buka Pintu, Mobil Terbakar Saat Isi BBM

RR Ukirsari Manggalani
Hanya Buka Pintu, Mobil Terbakar Saat Isi BBM
Ilustrasi mobil terbakar [Shutterstock].

Kejadian mobil sebabkan kebakaran di SPBU kadang terjadi. Namun kasus satu ini berbeda. Sebabnya karena buka pintu "saja".

Suara.com - Berbicara soal keselamatan jiwa dan benda saat mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Umum Bahan Bakar atau SPBU menghadirkan sejumlah konsekuensi. Seperti tidak dibolehkan merokok,menggunakan telepon seluler, mengabadikan atau mengambil gambar, dan seterusnya.

Demikian pula dengan kondisi tangki, seperti dimensinya harus standar atau non-modifikasi, sampai tidak diperkenankan memborong BBM dalam jumlah tertentu.

Beberapa saat lalu, telah terjadi peristiwa kebakaran yang melibatkan mobil tengah mengisi BBM di SPBU. Namun penyebabnya unik: karena membuka handle pintu mobil.

Buka pintu di SPBU mobil terbakar gara-gara listrik statis [screen shot YouTube: Mganum Force].
Buka pintu di SPBU mobil terbakar gara-gara listrik statis [screen shot YouTube: Mganum Force].

Mengapa bisa begitu?

Dari sebuah video hasil unggahan akun Youtube, Magnum Force, tampak sebuah mobil pikap double kabin sedang mengisi bahan bakar di SPBU. Mobil cat body putih berhenti tepat di depan dispenser bahan bakar sambil menunggu petugas datang.

Saat petugas SPBU datang, sopir membuka pintu mobil sambil berbincang dengan petugas. Tampak ia menggantungkan kaki di dekat pintu saat pengisian bahan bakar.

Api tiba-tiba muncul menyambar hingga mencapai bagian pintu mobil yang terbuka dan dispenser bahan bakar. Petugas SPBU pun lari mngambilkan fire extinguisher, dan pengemudi berhasil keluar melalui pintu penumpang.

Dilansir dari Cartoq, penyebab insiden kebakaran ini disebabkan adanya listrik statis yang dihasilkan mobil. Listrik statis bisa muncul karena gesekan antara ban dan jalan.

Tubuh juga memiliki muatan listrik statis selagi mobil melaju. Maka, ketika keluar dari mobil seperti yang dilakukan pengemudi dalam video meskipun hanya kakinya saja dan tidak menyentuh tanah, listrik statis bisa mengalir dan menyebabkan percikan api.

Bila keluar dari mobil, diimbau untuk memijak pada tanah sebagai sarana menetralkan tubuh dari listrik statis.

Agar terhindar dari kondisi menyeramkan tadi, ctipsnya adalah matikan mesin mobil, dan keluar dari mobil lalu berdiri sedikit menjauh. Jangan pernah masuk ke dalam kendaraan ketika selang bahan bakar masih melekat di tangki tunggangan.

Mobimoto.com/Gagah Radhitya Widiaseno

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS