Hindari Risiko Tertular Virus Corona di Mobil, Begini Caranya

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Hindari Risiko Tertular Virus Corona di Mobil, Begini Caranya
Penggunaan masker dalam kabin. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Berikut tips hindari COVID-19 atau Virus Corona selagi bermobil. Mari diaplikasikan, ditambah imbauan social distancing.

Suara.com - Virus Corona, Novel Coronavirus atau COVID-19 (singkatan dari Coronavirus Disease 2019) telah dikonfirmasi masuk ke Indonesia. Yang membuat pusing, belum ada obat penyembuh atau vaksin pencegah penularan.

Namun, langkah-langkah preventif untuk mencegah penularan tentu mesti dilakukan. Termasuk di sektor otomotif. Agar tetap aman mengemudi mobil dari risiko terkena Virus Corona, ada beberapa hal bisa dilakukan.

Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000, menyarankan untuk selalu menjaga kondisi tubuh dan kebersihan kabin mobil.

Kain bisa digunakan untuk mengelap setir agar tidak licin, juga bisa digunakan sebagai penutup saat singgah di rest area. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Kain bisa digunakan untuk mengelap setir agar selalu bersih. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Cuci tangan sebelum dan sesudah menyetir. Pasalnya, tangan merupakan bagian dari anggota tubuh yang sering bersentuhan dengan kuman, termasuk menjadi media perantara berpindahnya Virus Corona. Menjaga kebersihan tangan sebelum dan sesudah menyetir mobil merupakan hal yang penting untuk menghindari potensi tertular penyakit.
  2. "Jangan lupa untuk membawa masker dan menggunakannya ketika merasa sakit seperti demam, pilek, dan batuk. Apalagi kabin mobil merupakan area tertutup dengan sistem sirkulasi AC yang juga hanya berputar di dalam mobil," lanjutnya.
  3. Selain itu, sebaiknya pengemudi dan penumpang membawa hand sanitizer. Lakukan sebelum masuk dan setelah keluar mobil. Supaya memudahkan dan tetap bisa dibawa keluar mobil, sediakan kemasan 60 - 100 ml.
  4. Selalu bersihkan kabin mobil. Virus Corona bisa ditularkan melalui percikan air liur yang tersebar ke udara melalui batuk atau bersin oleh carrier atau pembawa virus ini. Jadi hukumnya, kabin mobil wajib bersih, seperti disebutkannya, "Sediakan cairan interior cleaner yang banyak dijual di toko online atau toko aksesoris mobil. Untuk bahan kulit bisa menggunakan leather cleaner. Aplikasikan setiap pagi sebelum mengemudi."
  5. Semprotkan anti bakteri ke dalam kabin mobil, terutama bagian yang sering tersentuh seperti lingkar kemudi atau setir, pintu, tuas transmisi, konsol tengah, serta kontrol AC dan audio di tengah dahsboard. Beberapa anti bakteri dilengkapi pewangi yang membuat suasana kabin jadi terasa lebih segar dan nyaman.
  6. Selalu menjaga kondisi tubuh. Caranya istirahat cukup, asupan makanan bergizi dan diolah dengan baik, minum multivitamin khususnya vitamin C yang membantu mempertahankan kekebalan tubuh, dan segera periksa ke dokter jika merasa kurang sehat.

Selain itu, merujuk pada imbauan nasional dan setempat, bagi yang bisa menangguhkan perjalanan, sebaiknya melakukan social distancing di kediaman masing-masing. Bagaimanapun, social distancing adalah wacana penting untuk mencegah cepatnya laju Novel Coronavirus. Dengan menerapkan Working From Home (WFH) serta membatasi lingkup gerak sosial termasuk bertemu dengan banyak orang, semoga kondisi masyarakat Indonesia termasuk aspek kesehatan terus menunjukkan grafik positif.

Catatan dari Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal Virus Corona COVID-19, silakan hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS