Partisipasi Tanggulangi COVID-19, Forwot Serahkan APD ke RSUD Cengkareng

RR Ukirsari Manggalani
Partisipasi Tanggulangi COVID-19, Forwot Serahkan APD ke RSUD Cengkareng
Para perawat medis di RSUD Cengkareng yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) [ANTARA/Istimewa].

Dalam menanggulangi Coronavirus Disease atau COVID-19, petugas medis sangat memerlukan APD. Forwot arahkan ke dua destinasi ini.

Suara.com - Coronavirus Disease atau COVID-19 adalah pandemi global yang terus diupayakan untuk segera diatasi. Salah satu kendala bagi para petugas bidang medis atau kesehatan di seluruh dunia, termasuk Indonesia salah satunya adalah pengadaan hazmat (hazardous materials) suit dan masker.

Dikutip dari kantor berita Antara, Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) turut membantu pengadaan alat pelindung diri (APD) bagi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cengkareng. Sebagai catatan, rumah sakit ini adalah salah satu tempat rujukan penanganan pasien Coronavirus Disease atau COVID-19.

Pekerja kenakan pakaian untuk alat perlindungan diri tenaga medis di Pusat Industri Kecil, Penggilingan, Jakarta Timur, Rabu (24/3).  [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Pekerja kenakan pakaian untuk alat perlindungan diri tenaga medis di Pusat Industri Kecil, Penggilingan, Jakarta Timur, Rabu (24/3/2020). Sebagai ilsutrasi APD [Suara.com/Angga Budhiyanto]

"Forwot menyadari kesulitan para petugas kesehatan yang menangani pasien positif virus COVID-19 dalam mendapatkan APD standard saat bertugas," papar Indra Prabowo, Ketua Umum Forwot dalam keterangan pers pada Kamis (26/3/2020).

"Selain harganya yang cukup mahal, stock APD saat ini sangatlah langka di pasaran. Atas dasar itulah, Forwot merasa terpanggil untuk bertindak secara nyata dalam membantu menyediakan APD, masker, dan hand sanitizer," lanjutnya.

Dan ditambahkan pula bahwa Forwot memberikan donasi senilai Rp 15 juta untuk keperluan APD.

Direktur RSUD Cengkareng, drg. Bambang Suheri, MAP menyambut bantuan ini dengan pernyataan, "Ucapan terima kasih sebesar-besarnya kami sampaikan kepada rekan-rekan Forwot atas support-nya kepada kami dalam menangani pasien-pasien COVID-19."

Forwot juga mendukung pencegahan Coronavirus Disease atau COVID-19 lewat Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang membantu penanggulangan bencana ini di pelbagai rumah sakit daerah Jakarta.

"Mewakili ACT, kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kontribusi aktif Forwot yang telah mendonasikan sebagian dananya untuk berkontribusi memberikan bantuan kepada ACT. Semoga menjadi keberkahan bagi Forwot," sambut Dwi Setyo, Head of Partnership ACT.

Ia menambahkan bahwa donasi akan didedikasikan kepada tim medis yang berjuang menyelamatkan nyawa pasien positif COVID-19 di beberapa rumah sakit daerah di Jakarta.

"Mari kita bantu Pemerintah agar kita bisa sama-sama melalui badai ini. Caranya dengan tetap di rumah, bekerja dari rumah, ibadah di rumah, jaga jarak, jangan panik serta tetap optimis," imbau Zainal Abidin, Wakil Ketua Umum Forwot.

Catatan dari Redaksi:
Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 1,5 m persegi, dan tetap tinggal di rumah kecuali keperluan mendesak seperti berbelanja atau berobat. Bersama-sama, kita bisa mengatasi pandemi Coronavirus Disease atau COVID-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCOVID-19

Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal Virus Corona COVID-19, silakan hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS