facebook

Akuisisi Merek Motor Legendaris Norton, TVS Siapkan Rp 302 Miliar

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Akuisisi Merek Motor Legendaris Norton, TVS Siapkan Rp 302 Miliar
Motorcycle Norton Dominator (Model 88) lansiran 1957 yang dipamerkan di booth Norton saat berlangsung gelaran motor Retro Classic terbesar di Eropa [Shutterstock].

Lagi, setelah Tata Motors, perusahaan otomotif India akuisisi produk Britania Raya. Kali ini brand motor legendaris Norton.

Suara.com - TVS Motor resmi mengakuisisi salah satu brand kenamaan Britania Raya, Norton Motorcycle Company. Untuk mendapatkan merek legendaris itu, produsen otomotif roda dua asal India ini harus merogoh kocek sebesar 16 juta Poundsterling atau setara dengan Rp 302 miliar.

"TVS akan mendukung total Norton untuk kembali mendapatkan kejayaannya. Norton juga memberi kami peluang besar untuk meningkatkan skala global," demikian papar Sudarshan Venu, Direktur Pelaksana TVS, seperti dikutip dari Reuters.

Booth TVS dengan andalan TVS Apache RTR 200V saa berlangsung pameran Istanbul Expo 2017 di Turki. Sebagai ilustrasi salah satu produk TVS [Shutterstock].
Booth TVS dengan andalan TVS Apache RTR 200V saa berlangsung pameran Istanbul Expo 2017 di Turki. Sebagai ilustrasi salah satu produk TVS [Shutterstock].

Ia menambahkan, TVS juga akan berinvestasi dalam beberapa model Norton yang paling terkenal, termasuk Commando, Dominator, dan V4 RR.

Proses negosiasi TVS dan perusahaan akutansi, BDO sebagai administrator Norton sebenarnya baru berlangsung awal tahun ini. Komunikasi terjadi setelah Norton mengalami krisis finansial. Sebelumnya, memang banyak perusahaan yang ingin menyelamatkan Norton, namun hanya TVS yang setuju dengan kesepakatan mengambil alih aset tertentu Norton, melalui anak perusahaan di luar negeri.

Baca Juga: 5 Risiko Mobil Jarang Dipakai karena PSBB, Ini Tips Manjurnya

Sebagai informasi, akuisisi ini sendiri, menandai kekuatan baru dari perusahaan Asia untuk kepemilikan brand Britania Raya yang ikonik. Sebelumnya, Jaguar Land Rover JLR diambil alih oleh Tata Motors.

Norton Motorcycle Company sendiri adalah sebuah perusahaan roda dua legendaris dari Britania Raya yang lahir pada 1898 dan didirikan oleh James Lansdowne Norton.  Bermarkas di Donington Leicestershire,  Midlands, Inggris, pada 2008 diluncurkan kembali untuk meneruskan kejayaannya. Dan babak terbarunya adalah mengalami akuisisi ini.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar