Ford Kembali Tutup Pabrik, Produk Transit Van Dihentikan Sementara

RR Ukirsari Manggalani
Ford Kembali Tutup Pabrik, Produk Transit Van Dihentikan Sementara
Ford Transit Van atau Ford Transit Passenger Wagon XLT Van. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Penutupan pabrik Ford disebabkan seorang karyawan di Kansas dinyatakan positif Covid-19.

Suara.com - Ford Motor Company memutuskan untuk menghentikan aktivitas pabriknya di Kansas City Assembly Plant, Claycomo, Missouri, Amerika Serikat, pada Selasa (26/5/2020). Adapun penyebabnya, sebagaimana dikutip dari The Detroit Free Press adalah seorang karyawan dinyatakan positif Covid-19. Padahal, perusahaan ini baru memulai produksinya kembali pada 18 Mei 2020.

Lewat pembicaraan per telepon, seorang pejabat serikat pekerja otomotif, Union Auto Workers (UAW) mengkonfirmasi kabar itu adalah benar.

Ford F-150, ilustrasi [Shutterstock].
Ford F-150, ilustrasi [Shutterstock].

"Keamanan tenaga kerja kami adalah prioritas utama. Bersama UAW dan pakar penyakit menular serta epidemiologi, kami kembangkan standar keselamatan untuk melindungi tenaga kerja kami. Secara protokol kami membersihkan dan mendisinfeksi lingkungan. Termasuk area kerja, peralatan, dan jalur yang diambil karyawan saat berada di pabrik hari ini. Kami menghentikan produksi di pabrik perakitan Kota Kansas unit Ford Transit Van sampai area benar-benar bersih. Juga memberi tahu orang-orang yang kontak dengan karyawan ini, dan meminta agar mereka melakukan karantina mandiri selama 14 hari," demikian pengumuman resmi perusahaan.

Kelli Felker, manajer global produksi dan komunikasi tenaga kerja Ford, mengatakan kepada The Detroit Free Press bahwa hanya pabrik Transit Van yang terpengaruh. Produksi pickup Ford F-150 tidak terganggu.

Saat Ford Motor Company memulai kembali aktivitasnya pada 18 Mei 2020, perusahaan ini telah dua kali menutup Chicago Assembly Plant karena masalah yang berkaitan dengan Covid-19 di pabrik dan melibatkan pemasok. Sektor ini memproduksi Ford Explorer, Police Interceptor SUV, dan Lincoln Aviator.

Lantas karyawan Dearborn Truck Plant, bagian pembuatan Ford F-150 juga sempat diminta pulang lebih awal akibat kekhawatiran infeksi Covid-19 di antara para pekerja. Restart jalur perakitan juga terjadi pada 20 Mei 2020, karena terkait protokol kebersihan yang dilakukan di antara shift.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan tetap tinggal di rumah kecuali untuk keperluan mendesak seperti berbelanja atau berobat. Selalu gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama cuci tangan rutin. Dengan pengertian saling bantu dan saling dukung, kita bisa mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCOVID-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS