alexametrics

Vespa 946 Christian Dior, Karya Otomotif Selera Rumah Adibusana

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Vespa 946 Christian Dior, Karya Otomotif Selera Rumah Adibusana
Vespa 946 karya Vespa bersama rumah adibusana The House of Dior [Dok Vespa].

Sangat fashionable, inilah hasil modifikasi Vespa 946 dengan rumah adibusana Christian Dior.

Suara.com - Citarasa seni dua negara kaya seni di Eropa barat yaitu Prancis dan Italia bisa dijumpai pada sosok Vespa 946 Christian Dior. Inilah perpaduan antara Vespa, sepeda motor asal Italia, dengan haute couture atau rumah adibusana asal Prancis, 946 Christian Dior.

Model ini dipilih karena keduanya memiliki kesamaan, yakni sama-sama lahir pada 1946. Sehingga pilihan model Vespa pun menggunakan model "946". Keduanya sepakat dalam model khusus ini mencoba menawarkan semangat kebebasan, irama, dan ekspresi yang menggerakkan kedua brand sebagai pesan utama dari kolaborasi keduanya.

Vespa Darling 90s, Hadiah Lucky Draw Indonesian Scooter Festival 2019. (Mobimoto.com/Praba Mustika)
Vespa Darling 90s, Hadiah Lucky Draw Indonesian Scooter Festival 2019. Sebagai ilustrasi salah satu produk Vespa (Mobimoto.com/Praba Mustika)

Michele Colaninno, CEO dari Immsi Group dan Chief of Product and Marketing Strategy Piaggio menyampaikan, hal ini belum pernah terjadi. Ia menyatakan suka citanya akan bayangan masa depan yang lebih baik, semangat fashion adibusana dengan produk otomotif.

"The House of Dior pertama dibuka 1946 di Paris, tahun yang sama dengan debut Vespa di Italia. Kelahiran Vespa 946 ini turut merayakan hari jadi dan menghormati warisan kedua merek kami. Kemitraan antara Vespa dan Dior ini mewakili perayaan keindahan," ujar Michele Colaninno, dalam keterangannya.

Baca Juga: New Normal: Ini Prediksi Penjualan Industri Otomotif untuk Juni 2020

Vespa 946 ikonik berversi kontemporer, pertama kali ditampilkan pada 2012 di Milan dan dikenal karena lekukannya yang anggun serta teknologi inovatif. Kini versi terbarunya dirancang oleh Maria Grazia Chiuri, seorang Creative Director untuk koleksi busana perempuan dalam rumah mode Dior.

Skuter ini akan diproduksi di Italia, demi penerapan standar dan komitmen yang tepat, serta presisi layaknya seorang perancang adibusana.

APD buatan Dior (Dok. Dior)
Di masa pandemi Covid-19, Dior juga mengerahkan karyawan menghasilkan APD buatan Dior (Dok. Dior)

"Saya senang sekali mengerjakan proyek ini bersama Vespa. Bagi saya, Vespa erat sekali dengan kota asal saya, Roma. Vespa identik dengan kebebasan bergerak mengelilingi kota secara lincah, seperti dalam film Roman Holiday (1953)," ungkap Maria Grazia Chiuri, Creative Director of women’s haute couture, ready-to-wear and accessories collections di The House of Dior.

Terinspirasi dari desain sadel Vespa 946 yang khas, casing atas dihiasi motif Dior Oblique karya Marc Bohan pada 1967. Khusus dipasang di rak bagasi untuk memberikan daya tarik unik. Helm khusus juga berhias motif ikonik yang serupa sehingga semakin mengukuhkan keunikannya.

Terkait dapur pacu tidak ada perubahan apapun yang dilakukan. Vespa 946 Christian Dior dilengkapi mesin 125cc jenis mesin L.M.E. 4-tak dengan silinder tunggal 3 katup, yaitu 2 katup masuk dan 1 katup keluar. Jenis mesin ini menghasilkan tenaga penuh performa, dan kecepatan maksimum 93 km per jam.

Baca Juga: Belum Meluncur, Kawasaki Ninja ZX-25R Pamer Performa di Sirkuit Sentul

Komentar