Kia Sedang Kembangkan Material Antivirus untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Kia Sedang Kembangkan Material Antivirus untuk Cegah Penyebaran Covid-19
Ilustrasi mobil Kia. (Shutterstock)

Material antivirus seperti tembaga untuk interior mobil disarankan karena diyakini bisa membunuh virus corona.

Suara.com - Kepala desain Kia, Karim Habib mengungkapkan bila timnya sedang merancang tambahan material antivirus yang khusus dibuat demi mencegah penyebaran wabah virus corona (Covid-19) di dalam mobil.

Ia mengklaim, tambahan material seperti tembaga bisa dimanfaatkan sebagai pelapis bagian mobil yang sering disentuh. Alasannya, tembaga memiliki sifat antimikroba yang dapat membunuh virus lebih cepat.

"Kami akan melakukan pembicaraan dengan psikolog dan antropolog untuk benar-benar memahami bagaimana jiwa masyarakat di masa depan. Ada hal-hal yang sudah kita bicarakan, seperti bisakah kita memiliki lapisan antivirus di interior kita? Ini adalah hal-hal yang harus segera kita pikirkan," ujar Habib, dilansir dari Car Magazine.

Bahkan Habib menyarankan, pemasangan material bersifat antimikroba sebaiknya juga dipergunakan di kendaraan seperti transportasi umum. Selain itu, Ia berharap pandemi yang terjadi bisa menjadi pertimbangan pabrikan mobil dalam mendesain produk mereka kedepan.

"Pandemi telah mengubah cara hidup kita. Tidak hanya selama beberapa bulan terakhir tetapi cara kita akan hidup di masa depan," kata Habib.

Sebelumnya berdasarkan penelitian University of Georgia, Amerika Serikat, mobil yang terpapar sinar matahari terik lebih aman dari virus corona pemicu Covid-19, karena virus akan mati akibat panas.

Hasil penelitian menyebutkan paparan panas yang tinggi dapat lebih mudah membunuh virus dibandingkan menyemprotkan cairan disinfektan ke dalam kabin mobil.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS