Canggih, All New Honda Jazz Hybrid Bakal Adopsi Teknologi F1

Bimo Aria Fundrika | Manuel Jeghesta Nainggolan
Canggih, All New Honda Jazz Hybrid Bakal Adopsi Teknologi F1
Logo Honda Jazz (Shutterstock).

Rencananya mobil terbaru itu akan diluncurkan akhir tahun ini.

Suara.com - Honda Motor Europe Ltd. berencana mengaplikasikan mesin hybrid yang diadopsi dari teknologi mobil balap untuk model terbaru All New Honda Jazz.

Rencananya mobil terbaru itu akan diluncurkan akhir tahun ini. Bermodalkan pengalaman dari tim balap F1, Honda mengaplikasikan keahliannya dalam merancang Hybrid Power Unit (PU) kedalam sistem hybrid terbarunya, e:HEV.

“Di mesin e:HEV yang kami rancang, kami mengaplikasikan pengalaman dari ajang balap untuk memastikan mesin ini dapat menghasilkan tenaga yang besar dengan rasio efisiensi bahan bakar terbaik pada mode berkendara apapun,” ujar Yasuaki Asaki, Head of PU Development, dalam keterangannya.

Honda SIapkan Teknologi Hindari Kecelakaan di Persimpangan
Ilustrasi All New Honda Jazz.

Dalam pengaplikasiannya, mesin terbaru dari Honda Formula 1, bernama RA620H, menggunakan mesin 1.600 cc dengan enam silinder dan internal combustion engine, serta dikombinasikan dengan Energy Recovery System.

Sistem hybrid yang ada memungkinkan energi untuk didaur ulang dari pengereman dan gas buang, guna memberikan tenaga tambahan yang dapat menambah kecepatan mobil dan mengurangi gejala lag atau kurang responsif pada kendaraan.

Dengan menggunakan sistem e:HEV, mesin hybrid akan mendaur ulang energi dan memanfaatkannya untuk mengisi baterai dan menciptakan tenaga yang lebih besar. Mesin tersebut terdiri dari dua buah komponen motor elektrik yang terhubung dengan mesin 1.5L DOHC i-VTEC, sebuah baterai lithium-ion, dan sebuah transmisi fixed-gear melalui intelligent power control unit yang bekerja secara berkesinambungan untuk memberikan respon yang cepat dan halus.

Di Indonesia sendiri, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek mobil Honda mengatakan masih mempelajari kemungkinan membawa lebih banyak pilihan mobil hatchback, segmen yang memang dirajainya di Tanah Air.

Namun santer terdengar bila pabrikan mobil asal Jepang ini bukan ingin memboyong All New Honda Jazz ke Indonesia. Namun Honda City hatchback sebagai pengganti Honda Jazz.

Honda Jazz memang selama beberapa tahun terakhir selalu menguasai segmen hatchback di Indonesia, tetapi volume penjualannya terus turun. Pada 2019 lalu misalnya penjualan Honda Jazz mencapai 12.168 unit, turun dari 14.270 unit pada 2018, dan 16.100 unit di 2017.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS