Di India Bermasalah, Suzuki Baleno di Indonesia Diklaim Bebas Recall

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Di India Bermasalah, Suzuki Baleno di Indonesia Diklaim Bebas Recall
New Suzuki Baleno diperkenalkan di Jakarta, Jumat (20/12/2019). [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

Berbeda dengan di India, Suzuki Baleno di Indonesia tidak di-recall.

Suara.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), pada Selasa (21/7/2020), memastikan tidak ada penarikan kembali atau recall terhadap model Suzuki Baleno di Tanah Air.

Head of Service PT SIS, Riecky Patrayudha, Suzuki Baleno untuk pasar Indonesia tidak ada recall. Pasalnya setiap negara memiliki spesifikasi yang berbeda walaupun di produksi di pabrik yang sama.

"Indonesia sampai saat ini tidak ada recall untuk Baleno. Spesifikasi India dan Indonesia berbeda. Part yang digunakan juga berbeda," ujar Riecky kepada Suara.com.

Sebelumnya Maruti Suzuki selaku Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki di India mengumumkan penarikan kembali atau melakukan proses recall untuk model Suzuki Baleno.

Mengutip LiveMint, Suzuki melakukan recall terhadap 78.222 unit Baleno karena masalah fuel pump. Adapun Suzuki Baleno yang harus ditarik kembali adalah model produksi 8 Januari 2019 - 4 November 2019.

Seperti diketahui Suzuki Baleno yang dipasarkan di Indonesia diimpor dari India. Di Indonesia sendiri Suzuki baru meluncurkan Beleno facelift pada tahun 2019 lalu.

Ketika itu, Suzuki Baleno mendapat beberapa ubahan seperti lampu depan kini sudah menggunakan proyektor LED dan grille depan kini memiliki lekuk yang lebih mengalir dinamis dan berwarna hitam, bukan lagi perak seperti dahulu.

Selain itu bemper depan makin besar dan menonjol dengan kisi-kisi berwarna hitam yang maskulin. Desain lampu kabut (foglamp) juga berubah menjadi lebih minimalis. Ubahan terakhir di eksterior adalah desain pelek Sporty Black Polished Alloy Wheel. Adapun ukuran masih sama yaitu 195/55 dengan ring 16 inci.

Interior Suzuki Baleno hatchback facelift dihiasi jok kursi dengan warna baru. Ada pula aksen abu-abu gelap (dark grey) pada kabin. Sisanya masih sama termasuk mesin yang masih menggunakan K14B 1.400 cc milik Ertiga lawas.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS