alexametrics

Canggih, Huawei Ingin Bikin Sensor Radar untuk Mobil, Harganya Murah

Irwan Febri Rialdi | Cesar Uji Tawakal
Canggih, Huawei Ingin Bikin Sensor Radar untuk Mobil, Harganya Murah
Mobil swakemudi yang menggunakan perangkat Huawei [Reuters/Yves Herman, via ANTARA Foto].

Harga sistem radar ini tak sampai dua jutaan.

Suara.com - Dikenal sebagai raksasa dunia teknologi, perusahaan asal China, Huawei, kini tengah mengembangkan sistem radar lidar baru untuk mobil.

Dilansir dari Autoevolution, Senin (24/8/2020), kepala bagian transportasi dari Huawei yang bernama Wang Jun berujar bahwa teknologi ini rencanannya akan dijual dengan harga tak sampai 100 dolar AS atau di bawah 1,4 juta rupiah.

Harga tersebut lebih rendah dari sistem radar mobil yang kini banyak dijumpai yang banderolnya lima kali lipat dari alat milik Huawei.

Untuk mengembangkan hal ini, pabrikan ponsel terbesar tersebut telah membangun pusat riset di Wuhan, di mana sepuluh ribu orang telah dipekerjakan untuk membuat teknologi alat transportasi.

Baca Juga: EKSKLUSIF: Upaya Agus Satrio Kenalkan Ilmu Biomassa ke Indonesia (Part-1)

Radar mobil. (visordown.com)
Radar mobil. (visordown.com)

Perlu diketahui, radar lidar adalah radar yang mampu memetakan daerah dengan cara mengirimkan gelombang ke lingkungan sekitar dan kemudian menangkap pantulan gelombang tersebut dengan sensor.

Tak cuma itu, bulan lalu pabrikan ini juga berniat untuk mengembangkan teknologi kendaraan swakemudi yang melibatkan 18 produsen mobil.

Langkah ini tentu bakal dipandang seksi oleh para pembuat mobil. Namun, untuk mengadopsi teknologi tersebut tentu tak mudah mengingat adanya black list yang diterapkan oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Komentar