alexametrics

Mobil Lama Tak Dinyalakan, Jangan Lupa Cek Oli

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Mobil Lama Tak Dinyalakan, Jangan Lupa Cek Oli
Proses layanan ganti oli dari Mobilâ„¢ Lubricants Indonesia [PT EMLI].

Jika mobil lama tak digunakan maka akan terjadi pengendapan oli mesin.

Suara.com - Ketika mobil lama diparkir di rumah saja, maka sebelum kembali digunakan perlu dilakukan persiapan terlebih dahulu, terutama mengecek oli dan kondisi baterai alias aki.

Group Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjelaskan bahwa jika mobil lama tak digunakan maka akan terjadi pengendapan oli mesin di bagian bak penampang oli atau carter.

Jika oli terlalu lama mengendap, maka fungsinya sebagai pelumas akan berkurang. Jika begitu maka dampaknya akan terasa saat mesin dinyalakan, komponen saling bergesekan tanpa adanya perlindungan dari oli.

"Jika mobil terlanjur hanya parkir lama dan jarang dinyalakan, sebaiknya mengganti oli mesin terlebih dahulu. Hal tersebut dapat dicegah dengan rutin memanaskan mobil tiga hari sekali, tujuannya untuk menjaga sirkulasi oli di dalam mesin," kata Boediarto.

Baca Juga: Begini Efek Pakai Oli Mesin Diesel untuk Mesin Bensin

Ia menambahkan perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu dengan cara melihat dari dipstick oli untuk memastikan apakah jumlah dan juga kekentalan oli masih dalam kondisi normal atau tidak.

Volume oli mesin pada kondisi aman jika berada antara level maksimum dan minimum. Untuk memeriksa volume oli, mobil sebaiknya diparkir di permukaan yang rata agar hasil pemeriksaan akurat.

Jika posisi ketinggian volume oli mesin berada di bawah titik minimum, maka disarankan untuk dilakukan penambahan. Namun penambahan tersebut tidak bisa sembarang dilakukan, konsumen disarankan melakukan penambahan dengan oli yang sama.

Komentar