alexametrics

Tips Pilih Jaket Aman untuk Riding Jarak Jauh

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Tips Pilih Jaket Aman untuk Riding Jarak Jauh
Jaket dilengkapi protektor, agar bikers aman sekaligus nyaman berperjalanan. Tersedia di RC Motogarage [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Ada alasan mengapa ukuran mesti pas di badan. Bukan ketat atau kedombrangan.

Suara.com - Jaket menjadi salah satu perlengkapan riding atau riding gears yang terkadang dilupakan para biker. Namun demi keselamatan berkendara terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh atau touring, penggunaan jaket menjadi hal wajib.

Owner RC Motogarage, Reyner Alexander menyarankan, untuk keselamatan sebaiknya jaket mesti dikenakan,dengan model memiliki protektor.

"Usahakan ukuran yang dikenakan pas. Karena kalau dipaksakan pakai ukuran lebih besar biasanya posisi protektor di siku pasti tidak tepat," ujar Reyner Alexander.

Ia mengambil contoh, bila posisi protektor tidak tepat maka saat terjadi kecelakaan, bagian siku akan tetap terbentur secara langsung. Hal ini karena ukuran jaket kebesaran sehingga posisi protektor tidak akan melindungi bagian tubuh yang seharusnya.

Baca Juga: RC Motogarage Resmi Pasarkan Riding Gears buat Bikers

Racing suit buatan Kushitani  [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Riding gear buatan Kushitani [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

"Dari pada up size, sebaiknya cari merek lain yang memang lebih pas. Karena keselamatan tidak bisa ditawar," kata Reyner Alexander.

Terakhir terkait cara perawatan jaket riding, ia menyarankan untuk tidak menggunakan sabun yang berbahan keras dengan derajat asam dan basa (pH) tidak seimbang.

"Jangan gunakan sabun deterjen. Karena bahannya pasti akan rusak," pungkasnya.

Komentar