alexametrics

Volkswagen Berencana Kembangkan Mobil Listrik Dimensi Kecil

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Volkswagen Berencana Kembangkan Mobil Listrik Dimensi Kecil
Volkswagen ID.4 sedang melakukan recharging baterai [Newsroom VW].

Lewat produk dimensi mungil, kapasitas produksi mobil ramah lingkungan Volkswagen bisa mencapai volume lebih besar.

Suara.com - Volkswagen sedang mengembangkan mobil listrik dimensi kecil agar bisa lebih banyak menyasar segmen kendaraan ramah lingkungan.

Melansir US News, di bawah proyek "Small BEV (Battery Electric Vehicle)", para insinyur pabrikan asal Jerman itu tengah berlomba untuk mengembangkan mobil bertenaga baterai murni seukuran Volkswagen Polo atau VW yang akan tersedia dengan kisaran harga 24 juta - 30 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Banderol ini adalah harga yang lebih murah dibandingkan mobil listrik Volkswagen ID.3 yang mulai dijual pada September lalu. Atau terkini adalah Volkswagen ID.4

Volkswagen yang menjadi induk dari beberapa perusahaan otomotif bergengsi untuk kelas passenger cars seperti brand Bentley, Bugatti, Lamborghini, Audi, Porsche, SEAT, ŠKODA, sepeda motor Ducati, serta produk commercial vehicles seperti Scania dan MAN menyebutkan bahwa emisi menjadi titik tolak pemikiran perusahaan ini.

Baca Juga: Beda Pengukuran, Mobil Kategori PHEV Disebut Mobil Listrik Artifisial

VW Polo VRS diluncurkan di arena IIMS 2018 di Jakarta, Kamis (19/4). [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]
VW Polo VRS diluncurkan di arena IIMS 2018 di Jakarta. Sebagai ilustrasi dimensi VW Polo [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]

Target emisi Uni Eropa yang lebih ketat memaksa pabrikan otomotif untuk meningkatkan proporsi kendaraan hybrid dan listrik. Dalam proporsi penjualan mobil di Eropa, ditargetkan 60 persen dari penjualan mobil pada 2030 adalah mobil listrik. Angka ini naik dari target sebelumnya, yaitu dalam kisaran 40 persen.

Untuk itu, pada akhir tahun ini Volkwagen berniat untuk meningkatkan investasi sebesar 86 miliar dolar AS selama lima tahun ke depan, dan sekitar 35 miliar dolar AS akan diinvestasikan bagi e-mobilitas.

Dan target Volkswagen adalah memproduksi 1,5 juta mobil listrik pada 2025.

Komentar