alexametrics

Siap Gelar MotoGP, Ini Keunikan Sirkuit Mandalika Bagi Penyuka Otomotif

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Siap Gelar MotoGP, Ini Keunikan Sirkuit Mandalika Bagi Penyuka Otomotif
Proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan MotoGP di Mandalika, Lombok, Sabtu (23/3/2019).[AFP/Arsyad Ali].

Dengan bangga disebutkan bahwa Dorna telah menyebutkan inilah sirkuit paling yahud di dunia untuk urusan memanjakan mata.

Suara.com - Indonesia tengah berbenah menjadi salah satu tuan rumah untuk balapan MotoGP 2021. Lokasinya adalah Sirkuit Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kepastian ini berdasarkan kalender resmi yang dimuat di situs resmi MotoGP.

Disebutkan dalam kalender itu bahwa Sirkuit Mandalika akan menggelar ajang MotoGP selama tiga hari.

Well, kiranya suguhan apakah yang akan dinikmati para penyuka otomotif, pencinta balap MotoGP, sampai para rider sendiri?

Lalu Mohammad Faozal, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, dalam diskusi bersama Forwaparekraf, di Kota Mataram, Lombok memaparkan sederet keunggulan Sirkuit Mandalika dengan panjang lintasan 4,31 km itu.

Baca Juga: Mobil Listrik Porsche Taycan Cetak Rekor Drifting Dunia

Tahap pembuatan paddock Sirkuit Mandalika [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Tahap pembuatan paddock Sirkuit Mandalika [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

"Sirkuit ini berlokasi 50 m dari garis pantai dengan pasir putih. Tidak ada paddock permanen. Dan di tengah acara balapan nantinya akan ada bazaar," jelas Lalu Mohammad Faozal.

Keunikan lain, adalah venue penonton yang akan dialokasikan di kawasan sekitar perbukitan sekeliling sirkuit. Konsepnya seperti race circuit Monte Carlo, Monako.

"Menurut penyelenggara MotoGP, Dorna, Mandalika Circuit akan menjadi yang paling indah di dunia. Karena ada arahan dari pihak mereka pula, bagaimana membuat sirkuit," lanjutnya.

Berikut adalah spesifikasi sirkuit dan keunikan yang dimiliki, dikutip dari laman Disbudpar NTB:

Planning map Sirkuit Mandalika yang berkonsep road circuit [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Planning map Sirkuit Mandalika yang berkonsep road circuit [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Sirkuit jalan raya

Baca Juga: Tinjau Sirkuit Mandalika: Suguhan Bagi Pencinta Otomotif dan Target MRTI

  • Sirkuit Mandalika yang diperkirakan akan selesai dibangun awal 2021 nanti akan menjadi sirkuit pertama di Indonesia yang digunakan sebagai jalan raya. Ini berarti saat balapan tidak digelar, warga bisa melintas bebas di venue balapan MotoGP.
  • Sebagai catatan Suara.com, konsep sirkuit jalan raya ini juga bisa dijumpai di Singapura, Monte Carlo (Monako), Spa-Francorchamps (Belgia) untuk balap Formula One (F1), serta Tourist Trophy (TT) Isle of Man untuk balap roda dua yang telah kami kunjungi.

Dimensi Sirkuit Mandalika

Komentar