alexametrics

Kaleidoskop Oto: Mobil Listrik Hyundai-Nissan-Toyota di Pasar Nasional 2020

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Kaleidoskop Oto: Mobil Listrik Hyundai-Nissan-Toyota di Pasar Nasional 2020
Mobil listrik Lexus UX 300e yang mengandalkan baterai Lithium Ion berkapasitas 54,3 kWh. [Dok Lexus Indonesia]

Produk-produk terelektrifikasi atau mobil listrik terus mengisi pasar otomotif Indonesia. Makin seru dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Suara.com - Kaleidoskop Oto hari ini (25/12/2020) menyorot tentang hadirnya produk elektrifikasi di pasar otomotif Nasional. Imbauan pemerintah tentang membangun ekosistem produk terelektrifikasi, persiapan menjadikan baterai mobil listrik sebagai aset industri Indonesia, sampai persiapan infrastruktur recharging station menjadi topik hangat tahun ini.

Lantas bagaimana dengan pengadaan produk mobil listrik itu sendiri?

Beberapa carmaker menghadirkan produk terelektrifikasi mereka sepanjang 2020. Meski pandemi COVID-19 menerpa, semangat untuk berproduksi dan memberikan pilihan kepada konsumen terus berjalan. Toyota dan Hyundai tercatat sebagai produsen mobil yang paling banyak memboyong model mobil listriknya ke Indonesia.

Kategori yang ditawarkan beragam, mulai murni mobil listrik (Battery Electric Vehicle atau BEV) sampai Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Baca Juga: Dorong Populasi Mobil Listrik, Pemerintah Thailand Kerek Pajak Mobil Bensin

Berikut adalah daftar produk mobil listrik yang memasuki pasar otomotif Nasional 2020.

Selamat membaca, dan Redaksi kanal otomotif Suara.com mengucapkan selamat Hari Natal bagi yang merayakannya. Juga selamat menjelang tahun baru 2021 teriring harapan semoga pandemi segera berlalu dan seluruh sektor kehidupan terus bergerak ke arah positif. Termasuk dunia otomotif yang kita cintai.

Daftar mobil listrik di pasar otomotif Nasional sepanjang 2020, berdasar carmaker:

Toyota

Membuka 2020, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota Prius PHEV.

Baca Juga: CEO Toyota: Mobil Listrik Bisa Jadi Pamungkas Aktivitas Carmaker

Indikator spesifik Toyota Prius Hybrid dengan informasi mode operasional: murni listrik, perpaduan listrik dan bensin, serta murni bensin [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Indikator spesifik Toyota Prius Hybrid dengan informasi mode operasional: murni listrik, perpaduan listrik dan bensin, serta murni bensin [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
  • Mobil ini mengandalkan mesin 2ZR-FXE kapasitas 1.800cc dengan power dan torsi maksimum masing-masing 98 PS dan 142 NM serta motor listrik 1 NM/ISM dengan power dan torsi maksimum masing-masing 53 Kw (98 PS) dan 142 Nm yang dalam mode BEV memiliki cruising range sejauh 68,2 km.
  • Baterainya jenis Lithium-Ion Battery voltage 3.7V per cell. Baterai ini mempunyai 95 cell sehingga secara keseluruhan mampu menghasilkan listrik 315.5V. Battery capacity tercatat 8.8 kW. Untuk pengisian penuh dibutuhkan waktu dua jam 20 menit dengan tegangan 220V 16A.
  • Sayangnya mobil ini belum dijual ke masyarakat umum. Saat ini Toyota masih memasoknya untuk segmen Fleet.

Selanjutnya Toyota meluncurkan All New Toyota Corolla Cross Hybrid pada pertengahan tahun 2020.

Komentar