alexametrics

Ancaman Intelijen untuk Industri Otomotif Semakin Meningkat

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ancaman Intelijen untuk Industri Otomotif Semakin Meningkat
Logo Kaspersky. [Kaspersky]

Ini alasan mengapa terjadi ancaman terhadap sistem keamanan kendaraan dibandingkan peranti lainnya.

Suara.com - Saat ini terdapat banyak kasus kejahatan siber yang menunjukkan minat para pelaku kejahatan terhadap keamanan otomotif. Mulai peneliti, penggemar independen hingga penjahat dunia maya telah beralih perhatian dari keamanan perangkat menjadi sistem keamanan kendaraan.

Head of  Transportation System Security Kaspersky, Sergey Zorin mengatakan, kondisi terjadi akibat semakin banyaknya teknologi yang digunakan pada kendaraan modern.

"Penting untuk tidak hanya mematuhi persyaratan peraturan yang akan datang tetapi memiliki informasi tentang semua kemungkinan ancaman mulai dari kerentanan unit kontrol elektronik hingga serangan terhadap komponen kendaraan dan keseluruhannya," ujar Sergey Zorin, dalam keterangan tertulisnya.

Berdasarkan data Kaspersky, saat ini semakin banyak teknik serangan, penerapan persyaratan serta regulasi baru yang harus diikuti para produsen agar tetap terlindungi.

Baca Juga: Best 5 Oto: Pick Up Wuling Journey, Warna Meriah VW Polo Harlequin 2021

Aksi maling Tesla Model S di Inggris [YouTube: The Universe].
Aksi maling Tesla Model S di Inggris, yang menggunakan sinyal smartphone untuk meretas sistem keamanan mobil. Sebagai ilustrasi [YouTube: The Universe]. [YouTube: The Universe].

Layanan TI Otomotif Kaspersky akan membantu organisasi dari produsen kendaraan hingga pemasok, untuk mendapatkan informasi terbaru tentang masalah keamanan relevan yang dapat mempengaruhi industri otomotif.

Layanan ini juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengambil langkah perbaikan yang sesuai pada waktu yang tepat. Layanan yang disesuaikan ini dirancang untuk mengidentifikasi ancaman terkait otomotif baik itu komponen dalam kendaraan maupun infrastruktur kendaraan yang terhubung.

Setiap laporan mencakup tinjauan umum dan analisis tren teknologi terkait serangan siber di industri otomotif, seperti insiden siber, studi keamanan terkini, konferensi, pembicaraan, forum komunitas, serta informasi tentang potensi vektor serangan pada backend kendaraan pelanggan dan layanan infrastruktur.

Layanan utama yang diberikan berupa laporan dengan ringkasan eksekutif tingkat tinggi, deskripsi dan rekomendasi ancaman, serta pemberitahuan tentang aktivitas berisiko tinggi hingga kerentanan yang disesuaikan untuk OEM atau Original Equipment Manufacturer.

Apabila solusi menemukan ancaman yang harus secepatnya diselesaikan, pelanggan akan segera mendapatkan pemberitahuan.

Baca Juga: Best 5 Oto: Lowongan Kerja Elon Musk, Cukur Mewah Bonus Harley-Davidson

Kaspersky sendiri memperkenalkan pelaporan intelijen ancaman (TI) yang disesuaikan untuk organisasi yang bergerak di industri otomotif, dan sebelumnya telah tersedia untuk pelanggan.

Komentar