facebook

Tips Merawat Helm Doff, Bisa Gunakan Sabun Bayi

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Tips Merawat Helm Doff, Bisa Gunakan Sabun Bayi
Pengunjung melihat jajaran helm yang dijual oleh pedagang di Jl Matraman, Jakarta, Jumat (31/5). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Helm doff ternyata lebih mudah kotor dibanding finishing glossy.

Suara.com - Sepeda motor dengan warna doff saat ini semakin diminati para pengguna kendaraan roda dua. Alhasil kini penggunaan cat doff juga mulai merambah ke helm.

Namun helm doff ternyata lebih mudah kotor dibanding finishing glossy. Oleh karena itu benarkah jenis helm ini membutuhkan perawatan khusus.

Jika tidak permukaan helm doff akan terlihat kotor dan tidak enak dipandang. Menanggapi hal ini, Technical Director NHK Indonesia, Johanes Cokrodiharjo mengatakan, perawatan untuk helm doff sama saja.

"Model doff sebenarnya perawatan yang dilakukan sama saja. Karena membersihkannya cukup pakai busa halus dan sedikit sabun," ujar Johanes saat berbincang dengan Suara.com.

Baca Juga: Pakai Helm dengan Sistem DD RING atau Microlock, Mana Lebih Aman?

Namun, sambung Johanes, kalau mau aman pakai sabun bayi yang memang memiliki potensial hidrogen atau pH 0. Jadi dia tidak banyak mengeluarkan busa, tapi cukup ampuh untuk membersihkan bercak-bercak yang ada pada helm doff.

Sedangkan untuk helm yang jenis cat glossy perawatannya juga sama. Hanya saja saat terakhir bisa pakai sanpoly untuk membuat mengkilap.

"Cukup oles tipis saja pakai tangan kemudian gunakan lap halus. Jangan dibersihkan kai mesin poles mobil. Nanti pernis dan catnya malah hilang," kata Johanes.

Terakhir hindarkan helm dari cairan atau bahan berbahaya, seperti bensin, thinner, dan bahan keras lainnya. Beberapa cairan tersebut dapat merusak warna, mengelupas cat, atau bahkan membuat permukaan helm menjadi lebih lunak.

Baca Juga: Pengendara Kena Tegur Gegara Tak Pakai Helm, Nasihat Polisi Ini Bikin Baper

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar