alexametrics

Frame Berpotensi Patah, Ducati Recall XDiavel

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Frame Berpotensi Patah, Ducati Recall XDiavel
Logo Ducati. [Shutterstock]

Dua persen dari 1.601 unit sepeda motor model ini mesti ditarik kembali.

Suara.com - Ducati Amerika Utara mengumumkan penarikan kembali atau recall untuk model Ducati XDiavel karena braket penyangga (frame) samping yang berpotensi mengalami masalah.

Melansir RideApart, dalam rilis dokumen Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), Ducati memperkirakan ada sekitar dua persen dari 1.601 unit sepeda motor produk ini yang harus ditarik kembali.

Model terdampak adalah Ducati XDiavel S dan Ducati XDiavel STD produksi 2016-2018. Melalui Safety Recall Report, Ducati merinci muasal masalah braket penyangga samping yang berpotensi berubah bentuk karena tekanan berulang akibat menahan beban sepeda motor.

Kondisi itu bisa menyebabkan posisi sepeda motor miring karena kondisi braket menekuk. Dalam kasus yang lebih ekstrem, braket bakal patah, dan menyebabkan sepeda motor terjatuh. Kejadian ini berdampak lebih buruk jika pengendara tengah menggeber si motor dalam kecepatan tinggi.

Baca Juga: KTM Ajukan Paten Teknologi Radar untuk Model 390 Duke

Seorang model bersama Ducati XDiavel. [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]
Ducati XDiavel produksi 2016. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]

Meskipun Ducati mengkonfirmasi telah menerima beberapa laporan braket bengkok atau bahkan patah, namun belum ada laporan cedera akibat masalah ini. Penarikan kembali rencananya akan dimulai 15 Maret 2021 dengan kode SRV-RCL-21-001.

Perusahaan akan menghubungi pemilik model terdampak melalui surat undangan untuk datang ke dealer Ducati. Nantinya dealer akan mengganti secara gratis, braket yang rusak dengan komponen yang lebih kokoh dan didesain

Komentar