alexametrics

Ini Motor yang Digunakan BMW di MotoGP, Gantengnya Bikin Ngiler

Cesar Uji Tawakal
Ini Motor yang Digunakan BMW di MotoGP, Gantengnya Bikin Ngiler
BMW M 1000 RR Safety Bike. (rideapart.com)

Motor ini akan tampil di ajang MotoGP, tapi bukan sebagai kontestan balap.

Suara.com - Jika Anda menghabiskan waktu menonton balapan, Anda mungkin memperhatikan safety car yang digunakan sebagian besar seri balap.

Mereka akan memimpin pembalap pada lap pemanasan di awal balapan, atau keluar untuk memperlambat aksi jika situasi bendera kuning muncul.

Produsen motor asal Jerman, BMW akhirnya memutuskan untuk menerjunkan motornya di MotoGP. Bukan sebagai tim balap, motor ini digunakan sebagai safety bike.

Dilansir dari Ride Apart (18/3/2021) BMW memperkenalkan armada mobil keselamatan barunya untuk seri MotoGP pada 9 Maret 2021.

Baca Juga: Usai Ngamar, Pria Ini Bawa Kabur Motor Wanita yang Baru Dikenal Dari Medsos

Armada keselamatan BMW MotoGP 2021 di Qatar akan mencakup tiga mobil: M3, M4, dan M5 CS. Untuk pertama kalinya, BMW Motorrad juga mengirimkan Safety Bike M 1000 RR untuk bergabung dengan armada keselamatan di trek musim ini.

Kebetulan motor ini juga merupakan M-Series pertama BMW, dan perusahaan tersebut juga mengatakan bahwa versi balap dari motor ini juga akan berpartisipasi dalam WSBK pada tahun 2021.

BMW M 1000 RR Safety Bike. (rideapart.com)
BMW M 1000 RR Safety Bike. (rideapart.com)

Hanya beberapa minggu kemudian, BMW secara resmi akan memperkenalkan sisa armada keselamatan MotoGP 2021 pada 18 April di Portimão, Portugal.

Saat itulah safety car Coupe M8 Competition, Gran Coupe M8 Competition, kendaraan medis X5 M, dan safety bike M 1000 RR akan bergabung dengan jajaran safety squad pertama BMW.

“Armada safety car adalah titik fokus dari keterlibatan kami di MotoGP dan kami sangat bangga memulai musim dengan empat kendaraan baru untuk pertama kalinya dalam 20 tahun sejarah kami sebagai 'Mobil Resmi MotoGP',” ucap BMW M CEO Markus Flasch mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Andrea Dovizioso akan Uji Motor Aprilia RS-GP di Jerez

“Tiga mobil keselamatan baru kami didasarkan pada model produksi, yang memberikan performa luar biasa dan dinamika berkendara yang membuatnya cocok untuk tampil di MotoGP."

"Mereka akan bergabung dengan BMW M 1000 RR baru sebagai sepeda pengaman. Model M pertama dengan dua roda telah dikembangkan di motorsport dan memenuhi persyaratan paling ketat di arena pacuan kuda. Kami menantikan pembuka musim di Qatar dan melihat armada baru kami beraksi," pungkasnya.

Komentar