alexametrics

NgabubuTips: Cara Hilangkan Bau Tak Sedap pada Helm yang Sering Dipakai

Yasinta Rahmawati | Gagah Radhitya Widiaseno
NgabubuTips: Cara Hilangkan Bau Tak Sedap pada Helm yang Sering Dipakai
Ilustrasi helm. (Pixabay/LUM3N)

Begini cara hilangkan bau tak sedap pada helm yang sering dipakai.

Suara.com - Penggunaan helm menjadi hal wajib untuk pemotor. Hal ini guna melindungi kepala dari benturan keras. Tapi karena selalu dipakai, bagian dalam helm kadang menimbulkan bau tak sedap.

Jika lama-lama dibiarkan, bisa-bisa helm tersebut menjadi sarang bakteri dan bisa berakibat timbul penyakit pada kepala pemotor.

Lalu bagaimana cara mengusir bau yang tak sedap pada helm? Caranya cukup mudah kok.

Dilansir dari Wahana Honda, hal pertama yang wajib kalian lakukan yakni mencuci bagian furing serta spon dalamnya. Untuk melakukannya, kalian harus melepaskan semua bagian di dalam helm dan kemudian mencucinya.

Baca Juga: Ngabubutips: 3 Risiko Gunakan Helm Tanpa Visor, Berbahaya untuk Mata?

Untuk busa kerasnya sendiri, kalian dapat mencucinya juga atau langsung menjemur di bawah terik matahari. Namun ingat, jangan semprot wewangian seperti parfum ke dalam helm, karena hal tersebut bisa memunculkan bau tak sedap di kemudian hari.

Ventilasi pada  helm NHK GP Prime  [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Ventilasi pada helm NHK GP Prime [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Lanjut kemudian mencuci bagian luar helm seperti batok helm dan visor. Caranya, mencuci helm dengan sabun khusus untuk mencuci motor agar warna dari helm tidak memudar atau menurun. Setelah itu, kalian dapat mengeringkannya dan kemudian menambahkan pengkilap motor.

Sedangkan untuk visornya sendiri, kalian bisa membersihkan menggunakan pasta gigi apabila visor tersebut tampak kusam.

Kalian bisa menggunakan compound juga jika visor helm tampak baret. Caranya adalah dengan mengoles dan mengusap secara merata compound pada bagian yang memiliki goresan dan kemudian hapus bekasnya menggunakan lap bersih.

Setelah selesai semuanya, satukan lagi bagian helm mulai dari busa, batok hingga visor. Kemudian simpan di tempat yang bersih dan hindari terkena terik sinar matahari langsung ya.

Baca Juga: Pede! Tak Pakai Helm Berhenti Dekat Polisi, Auto Kena 'Skak Mat'

Komentar