alexametrics

Antar-Jemput Lansia Pakai Angkutan Umum, Percepat Vaksinasi Covid-19

RR Ukirsari Manggalani
Antar-Jemput Lansia Pakai Angkutan Umum, Percepat Vaksinasi Covid-19
Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan bahwa pemerintah kabupaten mengerahkan angkot untuk mengantar dan menjemput warga lansia menjalani vaksinasi Covid-19. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bandung)

Pemerintah Kabupaten Bandung mengerahkan angkot dan bus untuk kebutuhan vaksinasi. Pendapatan sopir dan kondektur mengalir.

Suara.com - Pemerintah Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat mengerahkan 105 angkot dan lima bus untuk mengantar dan menjemput 742 warga lanjut usia (lansia) ke lokasi vaksinasi Covid-19.

Dikutip dari kantor berita Antara, Bupati Bandung Dadang Supriatna menyebutkan bahwa pengerahan angkutan umum ini ditujukan demi memudahkan warga lansia mengakses pelayanan vaksinasi.

Sementara layanan vaksinasi bagi lansia sendiri adalah untuk mendukung percepatan pelayanan dalam kegiatan gebyar vaksinasi lansia, yang berlangsung hingga 21 Mei 2021.

Tak kalah penting, dengan adanya kegiatan mengerahkan angkutan hukum untuk mengantar-jemput lansia ini, maka memberikan peluang dalam menambah pendapatan kepada pengemudi angkot.

Baca Juga: Dapat Kesempatan Jajal Daihatsu Rocky, Ini Komentar Komunitas Otomotif

Pelaksanaan vaksinasi lansia di SMA 113 Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (3/3/2021). [ANTARA/Yogi Rachman]
Pelaksanaan vaksinasi lansia di SMA 113 Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (3/3/2021). Sebagai ilustrasi [ANTARA/Yogi Rachman]

"Jadi ini semacam padat karya, mengalihkan kegiatan yang rutinitas agar diberikan kesempatan sehingga tidak kehilangan mata pencahariannya," kata Dadang Supriatna di Bandung, Selasa (18/5/2021).

Ia mengatakan, penyediaan pelayanan antar-jemput bagi warga lansia yang hendak menjalani vaksinasi adalah bagian dari upaya pemerintah untuk mencapai target cakupan vaksinasi Covid-19 pada warga lansia, hingga 80 persen pada Desember 2021.

"Secara populasi, kami terbanyak kedua di Jabar. Sedangkan jumlah total lansia Kabupaten Bandung sekitar 312 ribu jiwa. Kami akan lakukan terus (layanan antar-jemput lansia), nanti berkembang ke wilayah Cicalengka dan Cileunyi, yang termasuk wilayah padat penduduk," ujar Dadang Supriatna.

Ia melanjutkan bahwa dari 312.789 warga lanjut usia yang menjadi sasaran vaksinasi di Kabupaten Bandung baru sekitar 14 ribu atau 4,5 persen yang mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Bandung menyediakan layanan antar jemput bagi warga lanjut usia yang akan menjalani vaksinasi.

Baca Juga: Apa Kabar Stellantis? Aliansi Otomotif Ini Bukukan Neraca Positif

"Ide antar-jemput vaksinasi lansia ini adalah terobosan yang sangat bagus dari Pak Bupati, dan bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya," paparnya saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bandung.

Komentar