alexametrics

Australia Bakal Jadi Negara Pertama Pengguna Toyota Land Cruiser Listrik?

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Australia Bakal Jadi Negara Pertama Pengguna Toyota Land Cruiser Listrik?
Toyota Land Cruiser 300 Series yang meluncur perdana 9 Juni 2021. Sebagai ilustrasi seri Land Cruiser [Toyota Eruope].

Tidak hanya digunakan umum, lokasi penambangan di negara itu juga perlu kendaraan yang tidak menyumbang polusi.

Suara.com - Australia menjadi pasar terbesar Toyota Land Cruiser sampai sekarang. Jangan bicara soal Toyota Land Cruiser 300 Series, Land Cruiser 70 dalam jenis SUV maupun pick up masih digemari. Gara-gara saat Land Cruiser FJ40 tidak diproduksi lagi, model selanjutnya terbagi dua. Untuk Amerika Serikat dengan body gambot alias besar, sementara untuk pasar Eropa, Timur Tengah dan Australia muncul model berpostur lebih sederhana kategori off-road, yaitu seri 70.

Kabar terbaru menyatakan bahwa Negeri Kanguru ini berpeluang besar menjadikan Land Cruiser 70 dikonversi menjadi mobil listrik.

Sebuah perusahaan bernama VivoPower, yang selama ini bermitra dengan Toyota di Australia mengatakan bahwa produk terelektrifikasi itu tengah dipersiapkan. Atau istilahnya masih dalam perjalanan.

"Ada program kolaborasi antara VivoPower dan Toyota Australia untuk elektrifikasi. Toyota Land Cruiser 70 akan menggunakan kit konversi yang dirancang dan diproduksi anak perusahaan kendaraan listrik milik VivoPower," ungkap Kevin Chin, ketua eksekutif dan CEO VivoPower, dikutip dari Carbuzz.

Baca Juga: Membanggakan, Briptu Selly Gabriella Jadi Anggota Pasukan Perdamaian PBB di Afrika Tengah

Toyota Land Cruiser dikonversi menjadi mobil listrik [Carbuzz].
Toyota Land Cruiser dikonversi menjadi mobil listrik [Carbuzz].

Ia menambahkan, jika semuanya berjalan sesuai rencana, perusahaan akan menjadi penyedia powertrain listrik eksklusif untuk Toyota Australia selama lima tahun. Dengan opsi melakukan perpanjangan selama dua tahun.

"Kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan Toyota Motor Company Australia, bagian dari produsen kendaraan terbesar di dunia. Dalam elektrifikasi Land Cruiser mereka, akan digunakan kit konversi Tembo kami," kata Kevin Chin.

VivoPower sendiri memang telah mengakuisisi saham perusahaan spesialis kendaraan listrik Tembo e-LV pada 2018, yang memungkinkan kesepakatan dengan Toyota.

Ada pemikiran tersendiri soal kendaraan terelektrifikasi di Australia. Utamanya pertambangan di negeri itu yang perlu dipasok kendaraan listrik.

Tujuannya adalah membawa orang dan kargo ke terowongan penambangan tanpa menyemburkan banyak emisi. Dengan konversi ke tenaga listrik, biaya lebih hemat dam menghasilkan lebih sedikit emisi dan kebisingan.

Baca Juga: Suzuki Siapkan Jimny Varian Terendah, Akankah Harganya Jadi Lebih Murah?

Komentar