alexametrics

Investasi di PT Universal Collection, Carsome Ekspansi Bisnis Lelang Mobil

RR Ukirsari Manggalani
Investasi di PT Universal Collection, Carsome Ekspansi Bisnis Lelang Mobil
Proses inspector melakukan pengecekan kelayakan sebuah mobil bekas untuk dipasarkan di Carsome Indonesia. Sebagai ilustrasi proses jual-beli mobil bekas di platform Carsome [Dok. Carsome Indonesia].

Carsome kini mengakuisisi saham perusahaan lelang mobil PT Universal Collection.

Suara.com - Carsome, platform e-commerce mobil terintegrasi terbesar di Asia Tenggara resmi mengakuisisi saham ekuitas di PT Universal Collection (PT UC). Yaitu sebuah perusahaan jasa lelang mobil dan sepeda motor offline berbasis di Jakarta, yang memiliki cabang di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, serta wilayah lainnya.

Investasi ini memungkinkan Carsome untuk memperluas jangkauan jaringan, akses ke penyedia keuangan dan leasing. Juga berpotensi memasuki pasar sepeda motor.

Tujuannya semakin mengukuhkan posisi Carsome sebagai platform e-commerce mobil terintegrasi omnichannel terbesar, yang menawarkan layanan lengkap untuk transaksi online dan offline dengan cakupan yang lebih luas. Demikian dikutip dari rilis resmi Carsome sebagaimana diterima Suara.com.

Delly Nugraha, General Manager Carsome Indonesia [Dok Carsome Indonesia].
Delly Nugraha, Country Head Carsome Indonesia [Dok Carsome Indonesia].

"Investasi ini menjadi langkah strategis Carsome untuk membuka lebih banyak peluang dan jaringan. Lewat akses PT Universal Collection terhadap penyedia mobil bekas di pasaran, mitra dealer Carsome akan menikmati lebih banyak inventaris yang beragam dan lebih banyak pilihan," papar Delly Nugraha, Country Head Carsome Indonesia, yang ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT Universal Collection.

Baca Juga: Jadikan Pengalaman Jual-Beli Mobil Makin Seru, Carsome Buka Cabang Baru

"Di sisi lain, bisnis lelang mobil ini akan membuka akses pemasok PT Universal Collection ke peluang permintaan yang lebih luas, sehingga dapat memperluas aksesibilitas mereka ke pasar mobil bekas," tambahnya.

Berdasarkan Carsome Consumer Survey yang dirilis awal 2021, minat jual beli mobil bekas masyarakat Indonesia pada semester kedua tahun ini masih cukup tinggi. Setidaknya 64 persen responden mengungkapkan minat untuk membeli mobil bekas pada periode April-September 2021. Mereka optimis daya beli akan menguat karena memprediksi pendapatan lebih stabil dan memiliki anggaran yang cukup.

Investasi terhadap PT Universal Collection bertepatan dengan momen di mana Carsome terus melakukan ekspansi ke wilayah baru di Indonesia untuk melayani lebih banyak pelanggan, memperkuat posisi sebagai market leader platform mobil bekas di Asia Tenggara. Carsome mempertahankan konsistensinya untuk meraih pendapatan tahunan sebesar 1 miliar dolar Amerika Serikat untuk tahun ini.