alexametrics

Sumber Tenaga Tesla Megapack Australia Terbakar, Pasokan Listrik Tak Terpengaruh

RR Ukirsari Manggalani
Sumber Tenaga Tesla Megapack Australia Terbakar, Pasokan Listrik Tak Terpengaruh
Pabrik energi terbarukan buatan Tesla yang berkapasitas 100 megawatt beroperasi di Australia Selatan, menyediakan listrik bagi 30.000 rumah di kawasan itu [AFP/Neoen Australia].

Instalasi berlokasi di Moorabool, negara bagian Victoria.

Suara.com - Akhir pekan kemarin (30/7/2021) telah terjadi kebakaran di pabrik sumber tenaga Tesla Megapack yang baru saja diresmikan. Kompleks baterai listrik raksasa ini berlokasi di Moorabool di negara bagian Victoria, Australia.

Gambar Tesla Megapack yang terbakar diunggah News 7 Melbourne. Berdasarkan potret-potret ini, api terlihat hanya mengenai dua unit penyimpanan energi. Sementara unit-unit di sekitarnya tidak tersulut kobaran si jago merah.

Kebakaran di kawasan mega battery Tesla, Victoria, Australia [Twitter: 7News Melbourne].
Kebakaran di kawasan mega battery Tesla, Victoria, Australia [Twitter: 7News Melbourne].

Dikutip dari Teslarati, pabrik sumber daya listrik Tesla Megapack, saat rampung dibangun menjadi penyedia listrik berkekuatan 300MW/450MWh. Menjadikannya salah satu sumber baterai terbesar di Australia saat ini. Mirip Hornsdale Power Reserve di Australia Selatan, yang menggunakan baterai Powerpack Tesla dimensi lebih kecil, Tesla Victoria Megapack  juga dimiliki Neoen Australia.

Dipetik Teslarati dari Renew Economy, direktur pelaksana Neoen Australia, Louis de Sambucy mengkonfirmasi bahwa hanya satu unit baterai di fasilitas Victoria Megapack yang terbakar.

Baca Juga: Elon Musk Targetkan Stasiun Pengisian Daya Tesla Bisa Digunakan Semua Kendaraan Listrik

Juga disebutkan bahwa insiden itu tidak mencederai manusia. Dan kebakaran juga tidak mempengaruhi pasokan listrik.

"Kami bisa konfirmasi bahwa selama pengujian awal hari ini sekitar pukul 10.00-10.15 waktu setempat, kebakaran terjadi di salah satu unit Tesla Megapack di Victoria Big Battery. Tidak ada yang terluka, dan sudah dilakukan evakuasi," tukas Louis de Sambucy.

"Neoen dan Tesla bekerja sama dengan layanan darurat di lokasi untuk mengamankan situasi. Bagian terbakar diputus dari jaringan, dan tidak akan ada dampak pada pasokan listrik," lanjutnya.

Pabrik penyedia listrik Victoria Megapack diharapkan akan beroperasi penuh dalam waktu dekat. Kontrak 10 tahun dilangsungkan dengan Australian Energy Market Operator (AEMO), bertujuan menyediakan layanan yang memungkinkan peningkatan kapasitas jalur transmisi utama antara New South Wales dan Victoria.

AEMO sendiri mengoperasikan delapan market terpisah untuk pengiriman Frequency Control Ancillary Services (FCAS), penjualan Network Support Control Ancillary Services (NSCAS) sampai System Restart Ancillary Services (SRAS) dengan kesepakatan layanan provider.

Baca Juga: Meski Berjaya di Amerika Serikat, Tesla Tak Berkutik di China

Masih harus dilihat apakah kebakaran ini akan mengakibatkan beberapa penundaan penggunaan sumber tenaga terbarukan itu.

Energi listrik dari baterai raksasa Tesla Megapack memasok kebutuhan rumah tangga di perumahan.  Salah satu peruntukannya adalah menjadi sumber daya listrik berbagai peranti elektronik, tak terkecuali mengisi ulang baterai kendaraan listrik.