alexametrics

Luar Biasa, Tank Ambulans Ini Jadi Tempat Vaksinasi COVID-19 Bagi Warga Makassar

RR Ukirsari Manggalani
Luar Biasa, Tank Ambulans Ini Jadi Tempat Vaksinasi COVID-19 Bagi Warga Makassar
Inovasi pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di dalam tank tempur ambulans di halaman kantor Kodim 1408/BS Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (24/8/2021). [ANTARA]

Inilah karya dari Kodim 1408 Makassar yang menyediakan tank tempur ambulans untuk lokasi vaksinasi warganya.

Suara.com - Program percepatan vaksinasi COVID-19 tengah berlangsung di berbagai penjuru Tanah Air. Mobil vaksin keliling berupa ambulans atau konversi berbagai Kendaraan Dinas Operasional (KDO) menjadi pemandangan yang mengisi beberapa saat terkini. Namun terselip di antaranya tunggangan lain daripada biasa. Yaitu termasuk kendaraan tempur atau ranpur berupa tank ambulans.

Dikutip dari kantor berita Antara, Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 1408/BS Makassar, Sulawesi Selatan, melaksanakan vaksinasi COVID-19 dengan memanfaatkan tank tempur ambulans sebagai tempat vaksinasi bagi warga setempat.

"Ini salah satu cara kami menarik perhatian masyarakat agar mau divaksinasi. Mereka sekaligus bisa memanfaatkan momen melihat langsung kendaraan taktis milik TNI," jelas Komandan Kodim 1408/BS Makassar, Kolonel Kav Dwi Irbaya di Makassar, Selasa (24/8/2021).

Dalam status perang, tank ambulans bertugas mengevakuasi prajurit yang terluka di medan laga. Nah, kekinian ranpur atau kendaraan tempur ini mendapatkan pengayaan tugas.

Baca Juga: Mate Rimac: Juara Inovasi Teknologi Sejak Remaja, Kini di Bugatti Jadi Bos Termuda

Suasana vaksinasi COVID-19 di dalam tank tempur ambulans di halaman kantor Kodim 1408/BS Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (24/8/2021). [ANTARA]
Suasana vaksinasi COVID-19 di dalam tank tempur ambulans di halaman kantor Kodim 1408/BS Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (24/8/2021). [ANTARA]

Yaitu menjadi penarik minat masyarakat agar mau divaksin, sekaligus untuk dipajang dalam rangkaian perayaan HUT RI ke-76.

Karena keunikannya itulah, beberapa warga setelah mendapatkan vaksinasi langsung melakukan selfie berlatar belakang tank ambulans.

Pasalnya momentum seperti ini bukan hal yang bisa dijumpai setiap hari. Bisa dijadikan kenang-kenangan mereka, karena sangat jarang kendaraan taktis TNI dikeluarkan, kecuali pada saat khusus atau tertentu saja.

Adapun spesifikasinya, tank ambulans ini termasuk jenis AMX 13 VCTB dan menjadi salah satu ranpur tim kavaleri TNI AD. Body diperkuat lapis baja. Model ini menjadi tank ambulans pertama di Indonesia, dengan kelengkapan fitur peralatan medis darurat.

Baca Juga: Tampil Keren Saat Menangkap Pencuri Mobil, Jordan Williams Tertegun Dapat Bonus Cincin

Komentar