alexametrics

Bangkitkan Kembali Mobil Klasik, Lamborghini Habiskan Waktu 25.000 Jam

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Bangkitkan Kembali Mobil Klasik, Lamborghini Habiskan Waktu 25.000 Jam
Lamborghini Countach LP500 rekreasi prototipe tampak buritan yang memberikan sentuhan khas [MotorAuthority].

Lamborghini Countach generasi pertama menjadi materi rekreasi, detail menjadikannya seolah hadir kembali.

Suara.com - Lamborghini memanfaatkan ajang Concorso d'Eleganza Villa d'Este yang saat ini sedang berlangsung di tepi Danau Como Italia untuk kembali menghadirkan Lamborghini Countach prototipe kreasi ulang.

Adapun yang dihadirkan adalah Lamborghini Countach generasi pertama, debut dimulai pada 1971 di Geneva International Motor Show, Swiss.

Melansir Motorauthority, ide awal kembali membangun Countach dimulai pada 2017. Saat itu seorang pelanggan yang dekat dengan Lamborghini bertanya apakah departemen mobil klasik perusahaan dapat melakukan kreasi ulang dari produk aslinya.

Lamborghini Countach LP500 rekreasi ulang [MotorAuthority].
Lamborghini Countach LP500 hasil kreasi ulang [MotorAuthority].

Kepala divisi mobil klasik Lamborghini, Polo Storico mengumpulkan semua informasi yang ada di mobil itu, termasuk notulen rapat yang membahas proyek si kendaraan legendaris ini, serta informasi kontemporer dari orang-orang yang mengerjakannya.

Baca Juga: Hotman Paris Siap Lego Lamborghini Kesayangan, Uangnya untuk Beli 1.000 Gerobak Mie Ayam

Pirelli juga sangat penting dalam menyediakan bahan arsip sejarah pembuatan ulang ban sebagaimana aslinya. Saat itu modelnya adalah Cinturato CN12.

Tantangan terbesar adalah menciptakan volume mobil yang tepat. Tim menggunakan pemindaian 3D dari Countach LP400 dengan VIN yang diakhiri 001, model produksi pertama. Proses serupa kemudian digunakan pada interior.

Lantas pengadaan cat warna kuning, Polo Storico mengandalkan arsip PPG. Hal ini memungkinkan peluang menciptakan kembali komposisi yang tepat dari kuning asli, yang dikenal sebagai Giallo Fly Speciale.

Untuk mengerjakan mobil ini, tim sampai harus meluangkan lebih dari 25.000 jam agar fokus pada pengerjaan.

Baca Juga: Jadi Brand Ambassador, Lamborghini Hotman Paris Hutapea Dicat Warna Emas?

Menariknya, ini bukan satu-satunya rekreasi dari konsep atau prototipe yang coba dihidupkan kembali. Sebelumnya pada 2019, BMW menciptakan kembali konsep Garmisch dari Geneva Motor Show 1970.

Konsep ini merupakan cikal bakal dikembangkannya desain untuk BMW seri 5 asli yang diluncurkan dua tahun kemudian.

Komentar