alexametrics

Sistem Baru dari Hyundai Bantu Mobil Bergerak ke Samping dan Berputar di Tempat

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Sistem Baru dari Hyundai Bantu Mobil Bergerak ke Samping dan Berputar di Tempat
Markas Hyundai di Korea Selatan,. Sebagai ilustrasi [Hyundai via ANTARA].

Selain Hyundai, General Motors dan Tesla juga melakukan eksperimen teknologi ini.

Suara.com - Hyundai baru-baru ini mengumumkan telah berhasil mengembangkan modul e-corner yang memungkinkan mobil bergerak ke samping dan berputar di tempat.

Diperkenalkan pertama kali dalam ajang CES 2018 atau Consumer Electronics Show 2018, konsep e-corner adalah mengintegrasikan teknologi motor, kontrol peredam elektronik, Brake by Wire, dan Steer by Wire dalam satu paket yang dapat dipasang di setiap roda kendaraan.

Konsep ini dapat menghilangkan ketergantungan mobil akan sasis tradisional serta mampu memberikan kemampuan penggerak empat roda untuk kendaraan listrik.

GMC Hummer EV 2022  di Gurun Moab, Utah, Amerika Serikat [General Motors via ANTARA].
GMC Hummer EV 2022 di Gurun Moab, Utah, Amerika Serikat [General Motors via ANTARA].

Sejak diperkenalkan, modul telah didesain ulang dan disempurnakan untuk penerapan yang lebih praktis. Selain itu, melansir Autoevolution, teknologi yang paling menonjol dari modul e-corner adalah tidak memerlukan sambungan mekanis antar part.

Baca Juga: Berdasar Data Gaikindo, Ini Pencapaian Penjualan Mobil Listrik di Indonesia

Hal ini tidak hanya membuat perubahan jarak sumbu roda menjadi lebih mudah, namun memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam merancang arah pintu dan ukuran kendaraan.

Tesla Cybertruck [Tesla via ANTARA].
Tesla Cybertruck [Tesla via ANTARA].

Namun Hyundai bukan satu-satunya pabrikan mobil yang bereksperimen dengan teknologi itu. Sebelumnya General Motors telah mengumumkan sistem kemudi empat roda yang memungkinkan GMC Hummer EV bergerak secara diagonal dalam garis lurus.

Awal tahun ini, Elon Musk juga mengkonfirmasi bahwa Tesla Cybertruck juga mendapatkan kemudi roda belakang, sehingga dapat melakukan tikungan tajam dan bermanuver di berbagai medan.

Komentar