alexametrics

Ini Pertolongan Pertama Saat Mobil Terendam Banjir

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ini Pertolongan Pertama Saat Mobil Terendam Banjir
Ilustrasi banjir [Shutterstock]

Matikan sistem kelistrikan mobil, tidak mencoba starter, dan gunakan jasa towing mobil atau gendong mobil adalah cara penanganannya.

Suara.com - Pemilik kendaraan khususnya mobil perlu waspada jika sudah masuk musim hujan. Sebagian wilayah di Indonesia memiliki intensitas tinggi dan berpotensi terjadi banjir. Bila sudah demikian, maka mobil berisiko terendam air.

Jika mobil terendam banjir, perlu segera diatasi, karena bisa merusak komponen. Kondisi seperti ini bisa merusak komponen kendaraan dan tentunya merugikan secara finansial karena pemilik harus mengeluarkan kocek lebih untuk melakukan perbaikan di bengkel.

Mengutip mobil88, jika mobil terendam banjir atau ketika melewati banjir harus segera dilakukan pertolongan pertama.

Perhatikan air naik yang cepat sehingga perlu penanganan menyeluruh atas mobil terdampak banjir [Dok Asuransi Astra].
Perhatikan air naik yang cepat sehingga perlu penanganan menyeluruh atas mobil terdampak banjir [Dok Asuransi Astra].

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk pertolongan pertama pada mobil terendam banjir, yaitu:

Baca Juga: Vanessa Angel Laka Lantas, Ini Sejumlah Fitur Keselamatan Mitsubishi Pajero Sport

  • Cabut kelistrikan mobil dan evakuasi tanpa menyalakan mesinnya.
  • Bila interior sudah terendam air, jok sampai kacanya, jangan diapa-apakan dahulu. Lepas karpet terlebih dahulu dan bersihkan sampah yang ikut masuk.
  • Kemudian, jika masih ada air yang menggenang, segera kuras sampai kering. Hal ini bisa dilakukan sembari menunggu mobil dievakuasi oleh bengkel resmi untuk dibersihkan lebih lanjut.
  • Tapi, apabila mengalami masalah dengan sistem kelistrikan dan mesin, maka sebaiknya tunggu mekanik datang atau bawa langsung ke bengkel menggunakan towing agar segera ditangani oleh orang yang ahli di bidangnya.
  • Sebab, jika urusan kelistrikan dan mesin dilakukan dengan asal, efeknya berat. Biaya perbaikan yang harus dikeluarkan pun bisa lebih besar.

Komentar