alexametrics

Perhatikan Spesifikasi Mesin Motor Sebelum Memilih Pelumas

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Perhatikan Spesifikasi Mesin Motor Sebelum Memilih Pelumas
Sepeda motor Suzuki Gixxer SF 250 dipamerkan selama pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Senin (15/11/2021).[Suara.com/Alfian Winanto]

Pelumas sepeda motor bekerja makin maksimal bila tepat peruntukannya dengan spesifikasi mesin.

Suara.com - Pelumas menjadi salah satu faktor penting agar kondisi mesin motor lebih tahan lama. Oleh karena itu, pemilihan pelumas yang tepat harus menjadi perhatian pemilik kendaraan.

Assistant to Service Head PT Suzuki Indomobil Sales atau PT SIS, Hariadi mengatakan, sebelum memilih pelumas yang tepat, pertama yang harus dilihat spesifikasi sepeda motornya terlebih dahulu.

Mesin pada motor itu perlu ditelaah, apakah menggunakan mesin yang berkompresi tinggi, ataupun mesin-mesin yang menggunakan sistem karburator.

"Jika berkompresi tinggi tentunya membutuhkan spesifikasi pelumas yang lebih tinggi untuk meminimalisir gesekan di dalam silinder ataupun piston," ujar Hariadi, di area GIIAS 2021, ICE BSD, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Bertandang ke Booth AFL GIIAS 2021: The Angels Melangkah, Pengunjung Dapat Hadiah

Pelumas Suzuki Ecstar di GIIAS 2021 [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Pelumas Suzuki Ecstar di GIIAS 2021 [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Untuk mesin berkompresi tinggi, sambung Hariadi, disarankan menggunakan pelumas full sintetic. Sementara untuk motor lama atau cenderung masih menggunakan sistem karburator sebaiknya menggunakan semi sintetic.

Pertimbangan lain yang harus harus diperhatikan, jika keperluannya adalah untuk hemat bahan bakar. Maka yang paling aman digunakan baik mesin lama atau baru adalah pelumas jenis semi sintetik.

"Jadi untuk penggunaan midle. Bukan untuk balap tapi untuk keperluan harian saja," tutup Hariadi.

Komentar