facebook

Ancol-Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Wujudkan Kawasan Wisata Bebas Emisi

RR Ukirsari Manggalani
Ancol-Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Wujudkan Kawasan Wisata Bebas Emisi
Pelaksanaan uji emisi kendaraan bermotor dengan bahan bakar solar di Ecovention Hall, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Senin (27/12/2021). (ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Utara)

Kedua pihak bekerja sama menyelenggarakan uji emisi agar kawasan wisata bebas emisi gas buang.

Suara.com - PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi menyelenggarakan uji emisi. Tujuannya agar kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara bebas emisi gas buang kendaraan bermotor.

Dikutip dari kantor berita Antara, sekitar 300 unit kendaraan roda dua dan empat mengikuti uji emisi di Ecovention Hall, Ancol, Senin (27/12/2021), mulai pukul 09.00-15.00 WIB.

"Pelaksanaan uji emisi gas buang kendaraan bermotor di wilayah DKI Jakarta adalah langkah nyata pemerintah dalam upaya pengendalian pencemaran udara," papar Tiyana Broto Adi, Kepala Seksi Penanggulangan Pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta.

 Ancol. (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)
Kawasan Ancol, sebagai ilustrasi (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Secara berkala, setiap kendaraan bermotor roda dua dan empat diharuskan melakukan pengujian emisi gas buang kendaraan minimal satu tahun sekali.

Baca Juga: Mahindra Makin Giat Produksi Mobil Listrik, Termasuk Kendaraan Roda Tiga Terelektrifikasi

Sejak Januari hingga Desember 2021, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta sudah melaksanakan pengujian emisi gas buang untuk 10.148 unit kendaraan roda dua dan empat yang tersebar di 101 tempat, termasuk di Ancol.

Dalam uji emisi yang dilaksanakan satu hari itu, karyawan Ancol serta mitra kerja terkait ikut serta dalam kegiatan pengujian gas buang ini.

Sebelumnya sudah disosialisasikan kepada karyawan dan mitra kerja bahwa akan ada pengujian emisi hari ini.

"Untuk pelaksanaannya dibagi menjadi dua tahap yaitu pagi dan siang hari," jelas Martua Hami Siregar, Kepala Departemen Hubungan Pemerintah PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.

Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, total kendaraan yang terdaftar ikut uji emisi di Ecovention Hall Ancol sebanyak 332 unit yang terdiri dari 138 unit mobil dan 194 unit sepeda motor.

Baca Juga: Siapa Bilang Mobil Listrik Tak Aman Terjang Banjir, Wuling EV Ini Jadi Buktinya

Dari jumlah tadi, diperoleh hasil uji emisi sebagai berikut:

  • Mobil dengan bahan bakar bensin lulus uji emisi 127 unit
  • Mobil dengan bahan bakar solar lulus uji emisi tujuh unit dan empat unit dinyatakan tidak lulus uji emisi
  • Sepeda motor 151 unit sepeda motor dinyatakan lulus uji emisi dan 43 unit lainnya dinyatakan tidak lulus uji emisi.

Komentar