facebook

Pentingnya Lakukan Perawatan Aki Motor, Begini Caranya Agar Tetap Awet

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Pentingnya Lakukan Perawatan Aki Motor, Begini Caranya Agar Tetap Awet
Cara merawat aki sepeda motor agar awet [Yamaha Indonesia].

Mulai tipe aki, sampai tidak memaksakan penggunaan starter elektrik perlu diperhatikan.

Suara.com - Aki di mesin sepeda motor berperan penting menghasilkan arus listrik untuk mengaktifkan komponen elektrikal seperti starter motor, lampu-lampu, klakson, speedometer, dan fitur elektrik lainnya.

Jika melihat fungsinya yang begitu vital, para pengguna sepeda motor harus benar-benar memperhatikan kondisi aki agar motor dapat berfungsi secara optimal dalam mendukung mobilitas sehari-hari.

"Mengingat pentingnya fungsi aki sepeda motor, kami ingin membagikan beberapa panduan perawatan sehingga kondisinya awet dan penggunaannya dapat maksimal. Hal ini sangat mendukung agar para pengguna sepeda motor makin optimal dalam melaksanakan aktivitas berkendara," ungkap Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers.

Berikut cara merawat aki sepeda motor:

Lakukan pengecekan

Terdapat dua tipe aki motor yaitu tipe aki basah dan kering. Yang sering dijumpai pada motor matik banyak menggunakan aki kering.

Ilustrasi aki motor. (Shutterstock)
Ilustrasi aki motor. (Shutterstock)

Jika konsumen menggunakan tipe aki basah, maka wajib melakukan pengecekan jumlah air aki, bila kurang harus ditambah sampai garis batas maksimal.

Baca Juga: Yamaha Luncurkan Skutik Hybrid, Berapa Biaya Servis Perawatannya di Bengkel?

Voltase aki baik tipe kering atau basah harus diperiksa, jika di bawah 12,4 Volt maka aki harus dicharge. Terminal aki juga harus bersih dari kotoran atau kerak.

Tidak menggunakan aksesoris motor yang berkaitan dengan kelistrikan secara berlebihan

Saat ini konsumen gemar menggunakan aksesoris motor. Bila benda aftermarket ini berkaitan dengan kelistrikan dalam jumlah besar maka bisa membebani kinerja aki. Disarankan agar dapat meminimalkan aksesoris yang berpotensi membebani aki motor.

Jangan memaksa penggunaan starter elektrik

Jika motor susah hidup, jangan memaksakan penggunaan starter eletrik karena akan membuat aki soak. Sebaiknya cek kondisi motor terlebih dahulu atau kunjungi bengkel resmi terdekat untuk pengecekan lebih lanjut.

Tombol starter otomatis pada setang sepeda motor [Envato Elements/Vladdeep].
Tombol starter otomatis pada setang sepeda motor [Envato Elements/Vladdeep].

Pastikan kunci kontak motor dalam kondisi off saat mesin motor mati

Saat mesin motor dalam keadaan mati, pastikan kunci kontak motor pun kondisinya off. Karena jika kunci kontak pada posisi on, akan mengambil daya aki.

Panaskan motor setiap hari

Baca Juga: Suzuki Hadirkan Motor Skutik Baru Berdesain Gambot, Lampunya Mirip Honda BeAT

Agar aki lebih tahan lama, pengguna motor sebaiknya memanaskan motor 10-15 menit setiap hari meskipun motor tidak digunakan.

Menggunakan aki bawaan motor

Jika kondisi aki perlu diganti, ganti aki sesuai bawaan motor atau sesuai kapasitas yang dibutuhkan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar