Ini Alasan Sepeda Motor Listrik Nusa Khatulistiwa Gunakan Nama Sangat Indonesia

RR Ukirsari Manggalani
Ini Alasan Sepeda Motor Listrik Nusa Khatulistiwa Gunakan Nama Sangat Indonesia
Tampak buritan Nusa Khatulistiwa atau N_K Series [Nusa].

Sepeda motor listrik buatan anak bangsa siap mengaspal di Tanah Air.

Suara.com - Nusa Khatulistiwa atau Nusa_K adalah sepeda motor listrik desain sport karya Domex Mandey dan Tomi Gunawan yang mereka kembangkan sejak 2020.

Dikutip dari kantor berita Antara, Domex Mandey dan Tomi Gunawan menggunakan nama Nusa, karena kedua pendiri itu ingin motor listrik ini menonjolkan ciri khas Indonesia, salah satunya melalui nama.

Nusa akan diproduksi di dalam negeri, mulai desain, sasis dan komponen lainnya. Sementara komponen yang masih didatangkan dari luar negeri adalah baterai dan motor penggerak.

Nusa Khatulistiwa atau K_Series. [Nusa].
Nusa Khatulistiwa atau K_Series. [Nusa].

"Bagi saya, Nusa adalah suatu titik awal di mana dua orang pemuda dengan segala keterbatasannya berani menantang ketidakmungkinan menjadi mungkin," papar Domex Mandey.

Baca Juga: Shin Tae-yong Banggakan Asnawi dan Arhan di Depan Timnas Indonesia U-20: Mereka Capek, Tapi Lari Terus

"Banyak orang bermimpi tapi jarang yang tersadar untuk memulai dan membangun. Nusa kami bangun untuk menjadikan suatu titik baru dari industri otomotif yang didirikan oleh dua anak bangsa Indonesia untuk menjelajahi dunia," lanjutnya.

Sedangkan pilihan menggarap pasar kendaraan tenaga listrik, Tomi Gunawan menyatakan, "Industri Otomotif berada di puncak perubahan besar yang mengandalkan penggerak listrik. Kami percaya bukan hanya produk dan teknologi yang harus berubah, tetapi bagaimana orang menggunakan produk ini dan seluruh pengalaman berkendara yang berbeda."

Adapun latar belakang kedua sosok pendiri Nusa_K adalah:

  • Domex Mandey, Chief Executive Officer (CEO) Nusa dahulu berkarya di perusahaan teknologi Korea Selatan (Kakao Corp) sebagai Chief Evangelist Officer Indonesia. Ia juga menjadi penasehat di perusahaan teknologi dalam negeri maupun luar negeri.
  • Tomi Gunawan, Chief Innovation Officer (CIO) adalah sosok yang cukup senior di dunia otomotif dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Bengkel Tomi Airbrush cukup menjadi acuan di dunia modifikasi, khususnya airbrush supercar dan hypercar.

Dan Nusa akan meluncurkan beberapa model antara lain:

  • Electric Sport Motorcycle dengan nama Nusa Khatulistiwa (K_Series), masih dalam hitungan 80 persen dan akan difinalisasi sampai melewati proses homologasi.
  • Sepeda Listrik Nusa 2XR (Rigid non Shock Suspension)
  • Sepeda Listrik Nusa 2XL (with Shock Suspension).

Baca Juga: Shin Tae-yong Dapat Pesan Khusus dari Jokowi