facebook

Yamaha Fazzio Hybrid - Connected Aman Terjang Banjir?

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Yamaha Fazzio Hybrid - Connected Aman Terjang Banjir?
Yamaha Fazzio Hybrid - Connected warna cyan [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Bagaimana bila mesti naik skuter listrik hybrid saat kehujanan? Ini penjelasannya.

Suara.com - Yamaha Fazzio Hybrid - Connected ditopang oleh dua sumber tenaga yang saling bersinergi. Sumber tenaga dari skutik 125 cc ini dihasilkan dari mesin serta tenaga yang berasal dari Electric Power Assist Start.

Electric Power Assist Start menggunakan aki untuk membantu mesin konvensional, dengan memberi tenaga tambahan di tiga detik tarikan pertama atau 5500 rpm.

Namun yang menjadi pertanyaan apakah Yamaha Fazzio aman untuk menerabas genangan air? Pasalnya posisi aki skutik bergaya klasik ini berada di bawah dek kaki.

Yamaha Fazzio Hybrid - Connected adalah skuter matik yang memiliki dua sumber tenaga yang saling bersinergi [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Yamaha Fazzio Hybrid - Connected adalah skuter matik yang memiliki dua sumber tenaga yang saling bersinergi [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Manager Technical and Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Aji Handoko menyebutkan pihaknya telah melakukan pengujian internal pada Yamaha Fazzio.

Baca Juga: Tergolong Produk Elektrifikasi, Yamaha Fazzio Hybrid - Connected Butuh Perawatan Khusus?

"Sejauh ini meskipun posisinya berada di bawah masih aman. Dari hasil pengujian saat melewati banjir dan motor berhenti total, kami coba bongkar tempat aki. Aki masih kering, jadi motor berhenti bukan karena baterai terendam air," ungkap Aji Handoko , di Bogor, Kamis (3/2/2022).

Terkait perawatan, Aji Handoko menegaskan, tidak ada perbedaan untuk masalah perawatan. Dengan demikian tidak perlu ada perawatan khusus.

"Yang membedakan programmingnya saja. Perawatannya sama, tidak ada perbedaan dengan motor biasa," ungkap Aji Handoko .

Sebagai informasi, skutik hybrid 125 cc ini dibekali mesin 1-silinder berkapasitas 124,86 cc SOHC. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga 8,3 dk di 6.500 rom dan torsi 10,6 Nm di 4.500 rpm.

Selain gayanya yang trendy, skuter Yamaha Fazzio juga dilengkapi teknologi baru yang disebut Yamaha Blue Core Hybrid.

Baca Juga: Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie Jadi Pembeli Perdana Sepeda Motor Hybrid Yamaha

Komentar